Halloween party ideas 2015

Materi pelajaran sekolah telah diberikan di dalam kelas, sebagai media pembantu untuk meneruskan dan memudahkan pencarian informasi mengenai tugas tugas sekolah dan untuk menambah pengetahuan siswa atau bahkan untuk guru, maka blog ini memuat beberapa materi sekolah yang mungkin akan berkaitan dengan pelajaran anda dan dapat dipakai sebagai referensi, selamat membaca - materi pelajaran online sekolah sd, smp , sma ini, semoga membantu Seperti sudah dijelaskan di atas, inflasi menyebabkan turunnya nilai uang. Karena inflasi, daya beli uang tahun ini tidaklah 'sekuat' tahun lalu. Daya beli turun jika tingkat harga naik. Misalnya, jika tingkat harga naik dua kali lipat, maka tahun ini satu rupiah hanya mampu membeli setengah jumlah barang yang dibeli tahun lalu.

Perlu diingat bahwa inflasi bisa tidak terantisipasi (unanticipated inflation) dan bisa terantisipasi (anticipated inflation). Inflasi tidak terantisipasi bila masyarakat tidak memperkirakan besarnya inflasi atau naiknya inflasi terjadi begitu mendadak hingga masyarakat tidak dapat mengantisipasinya. Sebaliknya, bila inflasi telah diantisipasi sebelumnya (seperti dengan melihat besarnya inflasi tahun lalu sehingga masyarakat memperkirakan tingkat inflasi yang sama terjadi tahun ini), maka dampaknya dapat diminimalisasi.

Lalu, apa dampaknya bagi kehidupan masyarakat? Perlu diingat bahwa dampak inflasi tidaklah sama bagi setiap orang. Ada anggota masyarakat yang rugi terkena dampak negatif, namun ada juga anggota masyarakat yang diuntungkan dari inflasi.

a. Dampak inflasi bagi pemilik pendapatan tetap dan tidak tetap

Bagi masyarakat yang memiliki pendapatan tetap, inflasi sangat merugikan. Kita ambil contoh seorang pensiunan pegawai negeri tahun 1990. Pada tahun 1990, uang pensiunnya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, namun di tahun 2003 atau tiga belas tahun kemudian, daya beli uangnya mungkin hanya tinggal setengah. Artinya, uang pensiunnya tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Begitu juga dengan pemilik kos-kosan yang menetapkan uang sewa yang tetap. Nilai uang sewa yang diterimanya tahun ini akan lebih rendah dibandingkan tahun lalu.

Sebaliknya orang yang mengandalkan pendapatan berdasarkan keuntungan seperti pengusaha, tidak dirugikan dengan adanya inflasi. Begitu juga halnya dengan pegawai yang bekerja di perusahaan dengan gaji mengikuti tingkat inflasi. Para pekerja yang mempunyai kekayaan berupa emas atau mata uang luar negeri juga tidak terpengaruh dampak inflasi.

Meskipun demikian perlu dibuat catatan bahwa dampak inflasi dapat diperkecil bila inflasi telah diperhitungkan sebelumnya dan adanya kemampuan untuk menyesuaikan pendapatan dengan perubahan harga.

Artinya, bila karyawan bergaji tetap memperoleh kenaikan gaji secara otomatis setiap tahunnya mengikuti laju inflasi, maka dampak inflasi bagi mereka tidaklah terlalu besar. Misalnya bila tingkat inflasi diperkirakan sebesar 10 persen, maka perusahaan akan meningkatkan gaji pegawai 10% setiap tahunnya. Dengan demikian, maka daya beli karyawan akan diharapkan tetap konstan.



b. Dampak inflasi bagi para penabung

Inflasi menyebabkan orang enggan untuk menabung karena nilai mata uang semakin menurun. Memang tabungan menghasilkan bunga, namun jika tingkat inflasi di atas bunga, nilai uang tetap saja menurun.

Bila orang enggan untuk menabung, dunia usaha dan investasi akan sulit berkembang. Karena, untuk berkembang dunia usaha membutuhkan dana dari bank yang diperoleh dari tabungan masyarakat.



c. Dampak inflasi bagi debitur dan kreditur

Bila datangnya inflasi tidak diperhitungkan, inflasi dapat menguntungkan debitur dan merugikan kreditur. Bagi orang yang meminjam uang kepada bank (debitur), inflasi menguntungkan, karena pada saat pembayaran hutang kepada kreditur, nilai uang lebih rendah dibandingkan pada saat meminjam. Sebaliknya, kreditur atau pihak yang meminjamkan uang akan mengalami kerugian karena nilai uang pengembalian pinjaman lebih rendah jika dibandingkan dengan pada saat peminjaman. Meskipun demikian, bila inflasi telah diperhitungkan dalam perjanjian pinjam meminjam dana, maka tidak ada satu pihak yang dirugikan atau diuntungkan dengan adanya inflasi.



d. Dampak inflasi terhadap produsen

Bagi produsen, inflasi dapat menguntungkan bila pendapatan yang diperoleh lebih tinggi daripada kenaikan biaya produksi. Bila hal ini terjadi, produsen akan terdorong untuk melipatgandakan produksinya. Namun, bila inflasi menyebabkan naiknya biaya produksi hingga pada akhirnya merugikan produsen, maka produsen enggan untuk meneruskan produksinya. Produsen bisa menghentikan produksinya untuk sementara waktu, bahkan bila tidak sanggup mengikuti laju inflasi, bisa gulung tikar.

jangan lupa tambahkan komentar dan berikanlah like atau share pengetahuan anda dan sebarkan apa yang anda baca hari ini, karena barang siapa membantu mendapatkan informasi bagi orang lain , maka dia adalah orang yang berguna , selamat beraktifitas kawan, semoga pelajaran dan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda, barangkali ada informasi yang kurang atau salah, silahkan komenter dan beri masukan.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.