Halloween party ideas 2015

Materi pelajaran sekolah telah diberikan di dalam kelas, sebagai media pembantu untuk meneruskan dan memudahkan pencarian informasi mengenai tugas tugas sekolah dan untuk menambah pengetahuan siswa atau bahkan untuk guru, maka blog ini memuat beberapa materi sekolah yang mungkin akan berkaitan dengan pelajaran anda dan dapat dipakai sebagai referensi, selamat membaca - materi pelajaran online sekolah sd, smp , sma ini, semoga membantu Interaksi berarti hubungan yang saling memengaruhi, yang terjadi antarindividu, antara individu dengan kelompok, antarkelompok, atau antarwilayah. Interaksi kota-desa merupakan interaksi keruangan antara dua wilayah atau lebih yang disebabkan oleh adanya perbedaan potensi dan sumber daya sehingga mengakibatkan hubungan saling ketergantungan dan saling melengkapi. Untuk dapat memenuhi kebutuhannya, suatu wilayah memerlukan dukungan dari wilayah lain. Oleh karena itu, tiap wilayah memerlukan kerja sama yang sifatnya saling melengkapi dan menguntungkan.

Interaksi sangat penting dalam segala aspek di kehidupan sehari-hari, seperti aspek sosial, ekonomi, politik, budaya, pertahanan keamanan, mental, spiritual, dan lainnya. Dalam proses interaksi sering muncul konflik horizontal akibat benturan beberapa kepentingan. Terjadinya interaksi disebabkan oleh beberapa hal berikut.

a. Lancarnya perhubungan antarwilayah. Transportasi berikut sarana dan prasarananya memudahkan keterjangkauan antarwilayah sehingga kemudian terjadi arus pertukaran barang dan jasa serta arus penduduk.

b. Tersebarnya arus komunikasi ke berbagai wilayah melalui radio, televisi, koran, dan lainnya. Kondisi ini mempermudah penduduk untuk memperkenalkan wilayahnya atau mengetahui informasi di wilayah lain.

c. Dapat diketahuinya berbagai informasi mengenai wilayah lain melalui orang yang pernah berkunjung atau bekerja di suatu wilayah.



Faktor yang memengaruhi interaksi desa dan kota

Berikut ini beberapa wujud interaksi yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

a. Pergerakan barang dari kota ke desa, dan sebaliknya.

b. Pergerakan penduduk/manusia, yaitu dalam bentuk urbanisasi, transmigrasi, sirkulasi, dan sejenisnya.

c. Pergerakan informasi/ide dari kota ke desa, dan sebaliknya.



Faktor yang memengaruhi interaksi desa dan kota

Edward Ullman mengemukakan tiga faktor utama yang memengaruhi ada atau tidaknya interaksi antarwilayah sebagai berikut.

a. Adanya komplementaritas, yaitu adanya wilayah yang saling melengkapi (regional complementarity).

b. Adanya kesempatan berintervensi (intervening opportunity).

c. Adanya transferabilitas ruang, yaitu kemudahan transfer atau pemindahan dalam ruang (spatial transferability).

jangan lupa tambahkan komentar dan berikanlah like atau share pengetahuan anda dan sebarkan apa yang anda baca hari ini, karena barang siapa membantu mendapatkan informasi bagi orang lain , maka dia adalah orang yang berguna , selamat beraktifitas kawan, semoga pelajaran dan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda, barangkali ada informasi yang kurang atau salah, silahkan komenter dan beri masukan.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.