Halloween party ideas 2015

Materi pelajaran sekolah telah diberikan di dalam kelas, sebagai media pembantu untuk meneruskan dan memudahkan pencarian informasi mengenai tugas tugas sekolah dan untuk menambah pengetahuan siswa atau bahkan untuk guru, maka blog ini memuat beberapa materi sekolah yang mungkin akan berkaitan dengan pelajaran anda dan dapat dipakai sebagai referensi, selamat membaca - materi pelajaran online sekolah sd, smp , sma ini, semoga membantu Ada banyak hal yang mempengaruhi permintaan akan uang di pasar. Mulai dari kepentingan pemerintah, hingga kepentingan masyarakat. Badan dan lembaga keuangan juga bisa mempengaruhi permintaan uang.

J.M. Keynes mengemukakan tiga alasan mengapa tiap rumah tangga dalam sektor perekonomian membutuhkan uang. Dalam teorinya, Liquidity Preference, J.M Keynes menyebutkan adanya tiga motif mengapa orang menyimpan uang, yaitu motif transaksi (transaction motive), motif berjaga-jaga (precautionary motive), dan motif spekulasi (speculation motive).

1. Motif Transaksi (transaction motive)

Orang menyimpan uang untuk membayar transaksi sehari-hari mulai dari sekedar membeli makan hingga ketika berbisnis. Dengan adanya uang, segala kebutuhan dan usaha dapat dilakukan dengan cepat. Keperluan untuk transaksi tergantung pada pendapatannya. Semakin tinggi pendapatan, maka semakin banyak pula keperluan transaksi.

2. Motif Berjaga-jaga (precautionary motive)

Motif berjaga-jaga merupakan salah satu pendorong mengapa orang menyimpan uang. Motif berjaga-jaga muncul ketika rumah tangga dan perusahaan merasa tidak pasti terhadap penerimaan dan pembayaran. Misalnya, seseorang yang pendapatannya tidak pasti. Ia merasa perlu memiliki uang kas karena ia tidak selalu memperoleh uang secara berkala. Atau, bisa saja orang menyimpan uang kas untuk keperluan mendadak seperti adanya salah satu anggota keluarga yang jatuh sakit atau ada barang yang harus dibeli dengan segera. Kebutuhan uang karena alasan ini semakin meningkat apabila terjadi ketegangan politik dan krisis ekonomi.

3. Motif Spekulasi (speculation motive)

Bila suatu rumah tangga atau perusahaan memegang uang kas di tangan, ia sebenarnya melepaskan kesempatan untuk memperoleh bunga bila uang itu ditabung atau dibelikan obligasi di pasar modal. Tapi karena suku bunga bisa naik turun, ada risiko yang ditanggung oleh pemilik modal. Karena itu ada orang yang menahan uang agar bisa terhindar dari risiko yang berkaitan dengan harga obligasi, ini disebut saldo spekulasi. Motif untuk menahan uang kas itu disebut sebagai motif spekulasi. Biasanya perusahaan tidak mengambil posisi ekstrim, yaitu menaruh semua uang di pasar modal, atau sebaliknya menyimpan uang di kas seluruhnya. Kebanyakan perusahaan melakukan diversifikasi, artinya ada sebagian kekayaan berupa uang dan ada sebagian berupa obligasi.

Meskipun demikian, di antara ketiga motif di atas, motif yang paling kuat adalah transaction motive dan precautionary motive. Kebanyakan orang memegang uang di tangan agar mudah melakukan transaksi sehari-hari dan untuk berjaga-jaga. Hal ini juga dapat dilihat pada saat inflasi tinggi seperti yang terjadi di Jerman pada tahun 1920-1924. Pada saat itu jumlah uang yang beredar sedemikian besarnya, sehingga nilai uang turun sangat cepat dan speculation motive tidak digunakan. Mereka merasa di masa depan, kecil kemungkinan memperoleh keuntungan dengan menyimpan uang. Karena itu orang lebih suka melepas uang yang ada di tangan. Orang lebih suka menggunakan uang untuk transaksi.

jangan lupa tambahkan komentar dan berikanlah like atau share pengetahuan anda dan sebarkan apa yang anda baca hari ini, karena barang siapa membantu mendapatkan informasi bagi orang lain , maka dia adalah orang yang berguna , selamat beraktifitas kawan, semoga pelajaran dan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda, barangkali ada informasi yang kurang atau salah, silahkan komenter dan beri masukan.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.