Halloween party ideas 2015

Materi pelajaran sekolah telah diberikan di dalam kelas, sebagai media pembantu untuk meneruskan dan memudahkan pencarian informasi mengenai tugas tugas sekolah dan untuk menambah pengetahuan siswa atau bahkan untuk guru, maka blog ini memuat beberapa materi sekolah yang mungkin akan berkaitan dengan pelajaran anda dan dapat dipakai sebagai referensi, selamat membaca - materi pelajaran online sekolah sd, smp , sma ini, semoga membantu Bagi sebagian besar anggota masyarakat kita, inflasi adalah sesuatu yang kita hadapi setiap hari. Ketika kita ke pasar dan merasakan perbedaan harga kemarin dan hari ini, maka itulah inflasi. Inflasi juga kita hadapi ketika kita pergi ke dokter dan menyadari harga obat meningkat dibandingkan tahun lalu. Kita juga menyadari kehadiran inflasi ketika hendak membayar uang sekolah dan sadar bahwa uang sekolah kita lebih mahal dibandingkan beberapa tahun yang lalu.

Ini semua membuktikan bahwa harga yang kita hadapi sekarang berbeda jauh dengan harga barang dua puluh lima tahun yang lalu. Seandainya setiap tahun inflasi berkisar 3% saja, harga akan menjadi dua kali lipat dalam 24 tahun.

Dapat diambil kesimpulan bahwa inflasi adalah suatu keadaan dimana harga cenderung naik secara terus menerus dan berlaku secara umum yang akan mengakibatkan nilai uang turun.



Penyebab Terjadinya Inflasi

Penjelasan klasik mengenai terjadinya inflasi adalah masuknya uang terlalu banyak ke masyarakat sehingga masyarakat semakin ingin membelanjakan uang mereka. Namun, jumlah barang yang tidak seimbang dengan permintaan pasar menyebabkan harga barang naik. Muncul pendapat bahwa jika pemerintah berhenti menciptakan dan mengedarkan banyak uang ke masyarakat, maka keinginan masyarakat untuk berbelanja dapat diredam dan dengan sendirinya inflasi akan menghilang. Solusi ini memang efektif, namun hanya saat hiperinflasi terjadi seperti di Jerman setelah Perang Dunia I.

Pada tahun 1923, harga di Jerman berlipat 34 miliar kali dibandingkan tahun 1921. Pada saat perang dan pasca perang, inflasi merupakan hal yang biasa. Yang menjadi tidak biasa adalah, bahkan jauh setelah perang usai pun harga barang di seluruh dunia tetap naik hingga detik ini. Kenaikannya mungkin tidak banyak, hanya 2% atau 3 % , namun polanya tak berubah. Harga selalu naik dan tak pernah turun. Untuk hal ini, masalah banyaknya uang di pasar saja tidaklah cukup untuk menjelaskan inflasi. Dibutuhkan penjelasan lain tentang mengapa inflasi bisa terjadi.

Secara umum, ada dua teori yang dapat menjelaskan mengapa inflasi dapat terjadi, yaitu inflasi karena permintaan yang meningkat (demand-pull inflation) dan inflasi karena kenaikan biaya produksi (cost-push inflation).



1. Inflasi yang disebabkan karena kenaikan permintaan (Demand-Pull Inflation)

Menurut teori ini, inflasi terjadi karena permintaan masyarakat terhadap berbagai barang lebih besar daripada penawaran barang, sehingga terjadi ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran. Akhirnya, harga barang naik. Demand-pull inflation bisa muncul karena beberapa hal. Sebagaimana sudah diungkapkan di atas, terlalu banyaknya uang yang dialirkan oleh bank sentral bisa menyebabkan inflasi. Meningkatnya anggaran belanja negara dan ekspansi bisnis juga dapat meningkatkan permintaan barang secara keseluruhan. Inflasi juga dapat terjadi jika pajak diturunkan atau konsumen enggan menabung dan lebih suka membeli barang lebih banyak.



2. Inflasi yang disebabkan karena kenaikan biaya produksi (Cost-Push lnflation)

Berbeda dengan demand-pull inflation, cost-push inflation terjadi bukan karena ketidakseimbangan antara permintaan barang dan penawaran. Pada cost-push inflation, harga naik karena adanya tuntutan kenaikan gaji dari serikat pekerja dan motif mencari keuntungan sebesar-besarnya yang dilakukan oleh perusahaan besar.

Menurut teori ini, serikat pekerja yang kuat menuntut gaji yang lebih besar kepada perusahaan. Ketika perusahaan harus membayar gaji yang lebih tinggi kepada karyawannya, biaya produksi mereka meningkat. Agar keuntungan mereka tetap, mereka menaikkan harga. Setiap kali hal ini terjadi, harga barang kebutuhan sehari-hari ikut naik. Lalu, pekerja menuntut agar gaji mereka dinaikkan lagi. Sekali lagi perusahaan mempunyai alasan untuk menaikkan harga barang. Begitulah seterusnya.

Meskipun demikian banyak orang percaya bahwa sebenarnya, perusahaan menaikkan harga barang kapanpun mereka inginkan untuk meningkatkan keuntungan, bukan hanya karena tuntutan serikat pekerja.

jangan lupa tambahkan komentar dan berikanlah like atau share pengetahuan anda dan sebarkan apa yang anda baca hari ini, karena barang siapa membantu mendapatkan informasi bagi orang lain , maka dia adalah orang yang berguna , selamat beraktifitas kawan, semoga pelajaran dan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda, barangkali ada informasi yang kurang atau salah, silahkan komenter dan beri masukan.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.