Halloween party ideas 2015

Materi pelajaran sekolah telah diberikan di dalam kelas, sebagai media pembantu untuk meneruskan dan memudahkan pencarian informasi mengenai tugas tugas sekolah dan untuk menambah pengetahuan siswa atau bahkan untuk guru, maka blog ini memuat beberapa materi sekolah yang mungkin akan berkaitan dengan pelajaran anda dan dapat dipakai sebagai referensi, selamat membaca - materi pelajaran online sekolah sd, smp , sma ini, semoga membantu Pada bagian yang lalu telah diuraikan bahwa negara yang memiliki banyak devisa, posisinya sangat kuat dalam perdagangan internasional. Pertanyaannya, dari manakah devisa dapat diperoleh? Apa saja sumber-sumber devisa?

1. Sumber Devisa

Sumber-sumber devisa khususnya negara Indonesia adalah sebagai berikut.

a. Ekspor

Ekspor adalah pengangkutan barang dari suatu negara ke negara lain untuk dij ual. Semenjak dulu, Indonesia merupakan negara pengekspor berbagai jenis barang. Semakin banyak barang yang ekspor semakin banyak devisa yang diperoleh.

b. Hibah

Hibah adalah pemberian dana dari berbagai negara untuk membiayai berbagai kegiatan pembangunan di Indonesia. Lembaga yang sering memberikan hibah antara lain Bank Pembangunan Asia dan Bank Pembangunan Islam, sedangkan negara asing antara lain Jepang, Australia, dan Jerman.

Hibah tidak perlu kembalikan karena sifatnya langsung ditujukan untuk proyek pembangunan.

c. Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri

Banyaknya penduduk merupakan potensi yang dapat dimanfaatkan. Dengan demikian, Indonesia dapat mengirimkan tenaga kerja ke luar negeri. Tenaga kerja tersebut dibayar dalam mata uang asing (devisa). Sebagian besar pendapatan tersebut dikirim ke dalam negeri. Berarti hal ini menambah devisa negara.

d. Industri Pariwisata

Pariwisata adalah salah satu sumber devisa. Pada tahun 2004, sektor ini diharapkan dapat menyumbang devisa sebesar US $ 5 miliar. Berbagai kesenian tradisional, upacara adat, dan budaya merupakan objek yang banyak diminati turis asing. Oleh karena itu, sektor pariwisata perlu ditingkatkan dan dikelola dengan baik agar dapat menjadi sumber devisa yang sangat potensial.



2. Tujuan Devisa

Devisa yang diperoleh dari sumber-sumber yang disebutkan di atas digunakan untuk berbagai tujuan. Penggunaan devisa adalah untuk hal berikut.

a. Membiayai Impor

Selain mengekspor barang dan jasa, Indonesia juga mengimpor berbagai jenis barang dan jasa. Untuk membiayai impor digunakan devisa karena devisa merupakan alat pembayaran internasional.

b. Menyeimbangkan Neraca Pembayaran

Jika impor tidak seimbang dengan ekspor, neraca pembayaran mengalami defisit. Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan devisa.

c. Untuk Melaksanakan Pembangunan

Pembangunan dibiayai oleh devisa yang kita peroleh dari berbagai sumber. Jika tidak ada devisa, kemungkinan pembangunan sangat sedikit dilaksanakan.

jangan lupa tambahkan komentar dan berikanlah like atau share pengetahuan anda dan sebarkan apa yang anda baca hari ini, karena barang siapa membantu mendapatkan informasi bagi orang lain , maka dia adalah orang yang berguna , selamat beraktifitas kawan, semoga pelajaran dan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda, barangkali ada informasi yang kurang atau salah, silahkan komenter dan beri masukan.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.