Halloween party ideas 2015

Materi pelajaran sekolah telah diberikan di dalam kelas, sebagai media pembantu untuk meneruskan dan memudahkan pencarian informasi mengenai tugas tugas sekolah dan untuk menambah pengetahuan siswa atau bahkan untuk guru, maka blog ini memuat beberapa materi sekolah yang mungkin akan berkaitan dengan pelajaran anda dan dapat dipakai sebagai referensi, selamat membaca - materi pelajaran online sekolah sd, smp , sma ini, semoga membantu Salah satu faktor penting yang menentukan kemakmuran suatu masyarakat adalah tingkat pendapatannya. Pendapatan masyarakat mencapai maksimum apabila tingkat penggunaan tenaga kerja penuh dapat diwujudkan. Pengangguran mengurangi pendapatan masyarakat, dan ini mengurangi tingkat kemakmuran yang mereka capai.

Ditinjau dari sudut individu, pengangguran menimbulkan berbagai masalah ekonomi dan sosial kepada yang mengalaminya. Ketiadaan pendapatan menyebabkan penganggur harus mengurangi pengeluaran konsumsinya. Selain itu, pengangguran dapat mengganggu taraf kesehatan keluarga. Pengangguran yang berkepanjangan menimbulkan efek psikologis yang buruk terhadap penganggur dan keluarganya.

Kita bisa melihat sendiri dalam tiga tahun terakhir, GNP dan pendapatan per kapita negara Indonesia menurun drastis. Salah satu sebab utama adalah tingginya angka pengangguran faktor produksi tenaga kerja, yaitu dengan adanya PHK dan banyaknya penutupan industri-industri seperti perumahan, bank, dan sebagainya.

Apabila keadaan pengangguran di suatu negara sangat buruk, akan terjadi kekacauan politik dan sosial sehingga menimbulkan efek buruk bagi kesejahteraan masyarakat dan prospek pembangunan ekonomi jangka panjang.

Nyatalah bahwa masalah pengangguran adalah masalah yang sangat buruk efeknya kepada perekonomian dan masyarakat, dan sebab itu harus dilakukan usaha secara terus-menerus untuk mengatasinya.

Paul A. Samuelson dan Wiliam D. Nordhaous dalam bukunya Ekonomi memberikan cara-cara mengatasi pengangguran. Cara tersebut adalah sebagai berikut.

1. Memperbaiki pasar tenaga kerja

Pengangguran sebagian ditimbulkan karena lowongan pekerjaan tidak tepat bertemu dengan penganggur. Apabila banyak terdapat sistem komputer dan peluang-peluang latihan yang lebih banyak, maka jumlah pengangguran dapat dikurangi.

2. Menyediakan Program Pelatihan

Seringkali pekerja tidak memperoleh pelatihan yang cukup untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada. Banyak iklan lowongan pekerjaan yang mencari tenaga kerja dengan selalu menuntut keterampilan yang tidak memiliki setiap tenaga kerja.

3. Menciptakan program padat karya

Pemerintah hendaknya menciptakan proyek padat karya, dengan demikian akan menyerap banyak pengangguran.

Di Indonesia selain hal tersebut di atas, sesuai dengan GBHN 1999, pemerintah hendaknya:

1. Mengembangkan tenaga kerja secara menyeluruh dan terpadu yang diarahkan pada peningkatan kompetensi dan kemandirian tenaga kerja, peningkatan pengupahan, penjaminan kesejahteraan, perlindungan kerja dan kebebasan berserikat, dan

2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penempatan tenaga kerja ke luar negeri dengan memperhatikan kompetensi, perlindungan, dan pembelaan tenaga kerja yang dikelola secara terpadu dan mencegah timbulnya eksploitasi tenaga kerja.

Dalam rangka peningkatan taraf hidup dan memanfaatkan jumlah penduduk yang besar sebagai kekuatan pembangunan, telah dilaksanakan program pembangunan di berbagai sektor. Hal ini telah terbukti dapat menciptakan lapangan kerja baru hanya masih perlu ditingkatkan usaha-usaha pembinaan, pengembangan dan pemanfaatan potensi sumber daya manusia.

Kebijakan perluasan kesempatan kerja adalah salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi pengangguran yang terdiri dari sebagai berikut.

1. Kebijakan perluasan kesempatan kerja yang bersifat umum, yang ditunjukan pada stabilitas yang dinamis dalam bidang ekonomi untuk memberikan kepastian bagi pelaku-pelaku ekonomi. Usaha-usaha kebijakan peluasan kesempatan kerja yang ditempuh antara lain:

a. Memberikan perlindungan yang wajar kepada produksi dalam negeri.

b. Penyediaan dana kredit secara meluas dan merata bagi peningkatan kegiatan produksi padat karya.

c. Menyerahkan tingkat kurs devisa yang realistis.

d. Memberikan peluang untuk peningkatan ekspor.

e. Pengeluaran pemerintah ditujukan untuk memperluas kesempatan kerja produktif sebanyak mungkin seperti misalnya untuk membantu UKM.

2. Kebijakan perluasan kesempatan kerja yang bersifat sektoral, kebijakan ini merupakan langkah-langkah pada masing-masing sektor yang direncanakan dalam rangka perluasan kesempatan kerja misalnya pada sektor pertanian, industri perdagangan, pendidikan dan lain-lain.

jangan lupa tambahkan komentar dan berikanlah like atau share pengetahuan anda dan sebarkan apa yang anda baca hari ini, karena barang siapa membantu mendapatkan informasi bagi orang lain , maka dia adalah orang yang berguna , selamat beraktifitas kawan, semoga pelajaran dan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda, barangkali ada informasi yang kurang atau salah, silahkan komenter dan beri masukan.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.