Halloween party ideas 2015

Materi pelajaran sekolah telah diberikan di dalam kelas, sebagai media pembantu untuk meneruskan dan memudahkan pencarian informasi mengenai tugas tugas sekolah dan untuk menambah pengetahuan siswa atau bahkan untuk guru, maka blog ini memuat beberapa materi sekolah yang mungkin akan berkaitan dengan pelajaran anda dan dapat dipakai sebagai referensi, selamat membaca - materi pelajaran online sekolah sd, smp , sma ini, semoga membantu Bila kamu rajin mendengar atau melihat berita ekonomi, mungkin kamu pernah membaca tentang indeks harga. Di pasar modal dikenal Indeks Harga Saham Gabungan, dalam perdagangan dikenal Indeks Harga Perdagangan Besar, dan dalam pengukuran laju inflasi dikenal Indeks Harga Konsumen. Dalam bagian ini dibahas indeks harga yang berguna untuk mengukur laju inflasi, yaitu Indeks Harga Konsumen (IHK) atau Consumer Price Index (CPI).

Laju inflasi biasanya dihitung dari persentase perubahan IHK pada suatu periode waktu. Pengertian indeks harga konsumen adalah ukuran rata-rata perubahan harga dari suatu paket komoditas (commodity basket) dalam suatu kurun waktu tertentu atau antarwaktu. IHK menggambarkan perubahan secara umum dari sejumlah (paket) komoditas yang dikonsumsi rumah tangga di daerah perkotaan. Paket komoditas yang digunakan dalam menyusun IHK diperoleh dari survei pengeluaran rumah tangga yang biasa disebut Survey Biaya Hidup (SBH). Menurut Badan Pusat Statistik, angka indeks harga adalah angka yang menunjukkan perbandingan harga dalam dua waktu yang berbeda sehingga angka indeks harga didefinisikan sebagai angka perbandingan antara harga komoditas atau kelompok komoditas yang terjadi pada suatu periode waktu dengan periode waktu yang telah ditentukan. Karena data harga yang digunakan adalah harga konsumen, maka indeks harga yang digunakan adalah indeks harga konsumen.

Tujuan penghitungan IHK adalah sebagai berikut.

a. Mengetahui perkembangan harga barang dan jasa yang tergabung pada diagram timbangan IHK.

b. Sebagai pedoman untuk menentukan suatu kebijaksanaan yang akan datang, terutama di bidang pembangunan ekonomi.

c. Sebagai penghitungan penyesuaian Upah Minimum Kabupaten (UMK).

d. Mempermudah pemantauan supply dan demand khususnya barang kebutuhan tnasyarakat yang ada di pasar.

Untuk menghitung IHK perlu diketahui terlebih dahulu kelompok harga-harga mana yang sebaiknya digunakan. Indeks harga konsumen mencakup harga-harga komoditas yang umumnya dibeli tumah tangga. Perubahan dalam IHK dimaksudkan untuk mengukur perubahan biaya hidup rumah tangga. Selain itu, harga-harga komoditas yang berbeda biasanya berubah dengan proporsi yang berbeda sehingga perlu diketahui seberapa penting perubahan harga suatu komoditas, misalnya perubahan harga beras terasa lebih penting daripada perubahan harga sarang burung perkutut. Dengan demikian dalam menghitung IHK setiap harga komoditas diberi bobot yang mencerminkan tingkat pentingnya komoditas tersebut.

Pemerintah melalui Badan Pusat Statistik secara berkala melakukan survei terhadap sekelompok rumah tangga yang disebut survei belanja konsumen. Hasilnya akan menunjukkan bagaimana konsumen membelanjakan penghasilannya. Untuk memberikan bobot, sekelompok barang yang biasa dibeli konsumen ditentukan terlebih dahulu, kemudian baru proporsi penghasilan yang dibelanjakan untuk setiap barang itu. Proporsi inilah yang dijadikan bobot pada setiap harga dalam menentukan IHK. Akibatnya IHK memberikan bobot yang tinggi pada harga-harga komoditas di mana konsumen membelanjakan lebih banyak dari penghasilannya dan mmemberikan bobot rendah pada harga-harga komoditas di mana konsumen membelanjakan lebih sedikit penghasilannya.

Setelah diketahui bobotnya, maka harga rata-rata dapat dihitung untuk setiap periode. Perhitungannya dilakukan dengan cara mengalikan setiap harga dengan bobotnya kemudian hasilnya dijumlahkan.

Dari penjelasan di atas jelaslah bahwa IHK dihitung dengan memberikan suatu bobot terhadap barang atau jasa yang akan dihitung. Besarnya IHK berdasarkan perhitungan di atas selalu meningkat. Hal ini tidak lepas dari harga komoditas yang juga meningkat. Hal ini akan terkait dengan inflasi.

jangan lupa tambahkan komentar dan berikanlah like atau share pengetahuan anda dan sebarkan apa yang anda baca hari ini, karena barang siapa membantu mendapatkan informasi bagi orang lain , maka dia adalah orang yang berguna , selamat beraktifitas kawan, semoga pelajaran dan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda, barangkali ada informasi yang kurang atau salah, silahkan komenter dan beri masukan.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.