Halloween party ideas 2015

Materi pelajaran sekolah telah diberikan di dalam kelas, sebagai media pembantu untuk meneruskan dan memudahkan pencarian informasi mengenai tugas tugas sekolah dan untuk menambah pengetahuan siswa atau bahkan untuk guru, maka blog ini memuat beberapa materi sekolah yang mungkin akan berkaitan dengan pelajaran anda dan dapat dipakai sebagai referensi, selamat membaca - materi pelajaran online sekolah sd, smp , sma ini, semoga membantu Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu proses peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan melewati tahap-tahap tertentu sebelum mencapai tingkat yang tertinggi. Oleh karena itu, setiap negara biasanya melaksanakan kegiatan pembangunan ekonomi di segala bidang secara bertahap sehingga dari pelaksanaan pembangunan dapat terlihat berapa kenaikan pendapatan per kapita. Selain itu, juga diusahakan bagaimana mengurangi laju pertumbuhan penduduk dan mengurangi tingkat pengangguran. Pembangunan ekonomi juga harus ditandai dengan perubahan dalam struktur sosial dan sikap mental masyarakat.

Jadi, pembangunan ekonomi adalah sarana untuk meningkatkan produksi masyarakat sehingga dengan meningkatnya produksi akan semakin meningkat pula pendapatan nasional. Semakin besar pendapatan nasional semakin besar pertumbuhan ekonomi.

Pendapatan nasional perlu dihitung untuk berbagai maksud dan tujuan sebagai berikut.

1. Mengukur Tingkat Kemakmuran

Penghitungan pendapatan nasional suatu negara sebetulnya dapat pula mengukur tingkat kemakmuran negara tersebut. Hal itu dikarenakan dalam penghitungan pendapatan nasional akan dihitung semua sumber yang mendatangkan hasil, baik barang maupun jasa selama 1 tahun. Semakin tinggi nilai pendapatan nasional, maka semakin tinggi tingkat kemakmuran negara, demikian pula sebaliknya.

2. Mengetahui Struktur Perekonomian

Dengan perhitungan pendapatan nasional, dapat diketahui golongan perekonomian dari suaru negara, yaitu agraris atau industri. Selanjutnya, dapat diteliti susunan sektor-sektor lapangan usaha perekonomiannya, seperti sektor pertanian, sektor pertambangan, dan sektor industri. Jika pendapatan nasional lebih dominan berasal dari sektor agraris, maka struktur perekonomian agraris. Jika yang lebih dominan sektor industri, maka struktur perekonomiannya industri.

3. Mengetahui Pertumbuhan Perekonomian

Perhitungan pendapatan nasional dilakukan setiap tahun sehingga dapat diadakan perbandingan dari tahun ke tahun. Dengan demikian, dapat diketahui kenaikan atau penurunan pendapatan penduduk dihubungkan dengan jumlah penduduk.

4. Membandingkan Perekonomian Antardaerah dan Antarnegara

Selain pendapatan nasional, dapat dihitung pendapatan untuk propinsi yang lazim disebut pendapatan regional. Dengan demikan, dapat diketahui struktur perekonomian setiap daerah dan dapat dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya, sedangkan pendapatan nasional suatu negara juga dapat dibandingkan dengan negara lain untuk mengetahui apakah negara tersehut tergolong negara yang sudah maju, negara berkembang atau masih terbelakang.

5. Merumuskan Kebijakan Pemerintah

Jika dikehendaki pertumbuhan pendapatan nasional dengan tingkat tertentu, maka tingkat pertumbuhan harus dialokasikan pada sektor-sektor usaha yang merupakan komponen dari pendapatan nasional itu sendiri. Dengan demikian, kegiatan sektor-sektor dapar terarah dan seimbang sesuai tujuan yang dikehendaki.

jangan lupa tambahkan komentar dan berikanlah like atau share pengetahuan anda dan sebarkan apa yang anda baca hari ini, karena barang siapa membantu mendapatkan informasi bagi orang lain , maka dia adalah orang yang berguna , selamat beraktifitas kawan, semoga pelajaran dan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda, barangkali ada informasi yang kurang atau salah, silahkan komenter dan beri masukan.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.