Halloween party ideas 2015





Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basarah mengatakan, secara teoritis pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla membutuhkan dukungan penuh dari DPR. Karena dalam praktik ketatanegaraan sistem presidensial di Indonesia, banyak kewenangan presiden yang harus dikoordinasikan dengan DPR.



"To be or not to be, Presiden Jokowi harus mempertimbangkan dukungan DPR. Karena koalisi pendukung Jokowi-JK belum memenuhi 50 persen plus satu, maka dibutuhkan dukungan dari parpol lain," kata politisi yang akrab disapa Basarah itu di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (29/8).



Karena itu, menurut Basarah, koalisi dengan parpol lain di parlemen memang harus dipertimbangkan. Agar Jokowi-JK bisa bekerja sama dengan parpol lain untuk mengawal program-program pembangunan yang telah dijanjikan kepada rakyat saat kampanye pilpres lalu.



Tak hanya itu, Basarah melanjutkan, UU MPR, DPR, DPRD, dan DPD juga mengatur. Presiden harus bekerja sama dengan DPR dalam fungsi legislasi, pengangggaran, dan pengawasan. Namun, kerja sama dengan parlemen menurutnya juga tidak bisa dipaksakan.



"Pak Jokowi membutuhkan dukungan parlemen. Tapi kalau parlemen tidak mendukung, tidak bisa dipaksa," ujar Basarah.



Jika dipaksakan, kata dia, pemerintah Jokowi-JK akan terjebak dalam politik transaksional. Padahal sejak masa kampanye, keduanya telah menekankan prinsip politik yang dibangun adalah kerjasama tanpa transaski politik.



Untuk menguatkan pemerintahan ke depan, menurut Basarah, Jokowi hanya perlu bekerja sesuai aturan dan amanat rakyat. Ketika kewenangan dijalankan sesuai aturan yang ada, tidak melanggar hukum, dan tidak menyakiti rakyat menurutnya tidak ada yang perlu ditakuti Jokowi-JK.



"Pak Jokowi tidak perlu ada eban untuk khawatir kekuasaannya akan dijatuhkan. Kalau dia di jalan yang benar, rakyat pasti punya cara sendiri untuk melakukan penilaian pada pemerintahan Jokowi," ungkapnya.



















































Sumber: rol





from Suaranews http://ift.tt/1tSnDsE

via Berita Indonesia, SuaraNews, semua artikel resmi dari suaranews, silahkan kunjungi website suaranews untuk mendapatkan informasi dan berita yang lebih lengkap. nikmati terus informasi terbaru dan berita aktual lainnya juga. selamat beraktivitas

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.