Halloween party ideas 2015

Materi pelajaran sekolah telah diberikan di dalam kelas, sebagai media pembantu untuk meneruskan dan memudahkan pencarian informasi mengenai tugas tugas sekolah dan untuk menambah pengetahuan siswa atau bahkan untuk guru, maka blog ini memuat beberapa materi sekolah yang mungkin akan berkaitan dengan pelajaran anda dan dapat dipakai sebagai referensi, selamat membaca - materi pelajaran online sekolah sd, smp , sma ini, semoga membantu Dampak inflasi terhadap perekonomian adalah sebagai berikut.

1) investasi Berkurang

Menurunnya nilai uang cenderung mengurangi minat orang untuk menabung sehingga dana untuk investasi menjadi berkurang, akibatnya pertumbuhan output nasional dapat turun.

2) Mendorong Tingkat Bunga

Tingginya tingkat bunga pinjaman yang ditetapkan oleh lembaga keuangan/perbankan dimaksudkan untuk menghindari merosotnya nilai uang, namun tidak menguntungkan bagi pengembangan usaha, sebab semakin tinggi tingkat bunga pinjaman, makin tinggi tingkat inflasi karena akan mengurangi kegairahan penanam modal untuk mengembangkan usaha-usaha produksi.

3) Mendorong Tindakan Spekulatif

Para pemilik modal cenderung menyimpan kekayaannya dalam bentuk investasi spekulatif, yaitu membeli tanah, rumah, dollar serta barang berharga lainnya yang dianggap lebih menguntungkan apabila waktunya dijual dan tidak akan turun nilainya karena dilanda inflasi.

4) Menimbulkan Kegagalan Pelaksanaan Pembangunan

Inflasi yang tidak terantisipasi pada tahap perencanaan pembangunan atau perencanaan produksi dapat menyebabkan gagalnya pelaksanaan proyek-proyek pembangunan dan investasi karena membengkaknya biaya. Ini menimbulkan kerugian bagi kalangan investor.

5) Menimbulkan Ketidakpastian Keadaan Ekonomi Masa yang akan Datang

Inflasi yang terlambat dikendalikan atau gagal dikendalikan akan menimbulkan ketidakpastian kegiatan ekonomi. Keadaan ini mengurangi kegairahan dunia usaha sehingga produksi berkurang.

6) Menyebabkan Daya Saing Produk Nasional Berkurang

Semakin membengkaknya biaya produksi mengakibatkan harga pokok barang tinggi sehingga sulit untuk bersaing di pasar internasional, akibatnya ekspor terhambat. Pengembangan sektor industri terutama yang berorientasi ekspor dapat terganggu dan kondisi ini memperburuk perekonomian nasional.

7) Menimbulkan Defisit Neraca Pembayaran

Produksi nasional tidak dapat bersaing di pasar internasional sebagai akibat dari barang-barang luar negeri (barang impor) lebih murah daripada barang di dalam negeri, sehingga impor berkembang lebih cepat dari pada ekspor. Hal ini tnenyebabkan arus modal ke luar negeri lebih banyak daripada arus masuk ke dalam negeri. Keadaan tersebut akan berakibat terjadinya defisit neraca pembayaran dan kemerosotan mata uang dalam negeri.

8) Merosotnya Kesejahteraan Masyarakat

Kelesuan dunia usaha dan kebijakan pemerintah yang bersifat kontraktif dalam mengantisipasi inflasi dapat meningkatkan pengangguran yang akan menimbulkan berbagai macam masalah dalam masyarakat dan merosotnya tingkat kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.



Dampak inflasi bagi masyarakat adalah sebagai berikut.

1) Masyarakat Berpenghasilan Tetap

Orang yang berpenghasilan tetap seperti pegawai negeri atau pegawai swasta merasa nilai dari pendapatan mereka ditekan oleh inflasi, dengan naiknya harga, taraf hidup mereka semakin merosot, uang yang disimpan nilainya terus turun yang dinyatakan dengan nilai nominal.

2) Kreditor atau Debitur

a) Debitur akan diuntungkan karena pada saat pembayaran ia membayar dengan nilai riil yang sudah menurun.

b) Kreditur akan menderita kerugian karena nilai uang yang diterima pada saat pembayaran telah menurun.

3) Memperbesar Kesenjangan Distribusi Pendapatan

Pada masa inflasi harta tetap seperti tanah, rumah, sawah dan lain-lain akan mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut sering kali lebih cepat dari kenaikan laju inflasi. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang memiliki harta tetap akan semakin kaya, sebaliknya mereka yang pendapatan riil rendah akan semakin sulit untuk memiliki harta tetap sehingga akan memperbesar kesenjangan pendapatan di antara anggota masyarakat.

4) Menguntungkan Para Spekulan

Orang-orang yang memiliki uang (modal) dapat berspekulasi dalam transaksi jual-beli barang dengan harapan mendapat keuntungan besar. Tabungan digantikan oleh simpanan dalam bentuk mata uang asing yang akan dijual pada harga sangat tinggi.

5) Memengaruhi Para Pedagang/Industriawan/Pengusaha

a) Inflasi akan menguntungkan para pedagang/industriawan yang memiliki modal kuat. Mereka dapat memonopoli perdagangan atau produksi sehingga dalam transaksi jual-beli selalu untung karena tidak tergoyahkan oleh keadaan inflasi. Mereka dapat menentukan keinginan keuntungan seiring dengan naiknya harga.

b) Bagi para pengusaha yang modalnya kecil yang bergerak dalam menghasilkan barang, situasi naiknya harga yang begitu cepat pada umumnya menimbulkan rasa takut melaksanakan proses produksi karena seringkali tidak dapat menutup proses produksi selanjutnya. Lama kelamaan usaha mereka gulung tikar, maka akhirnya produksi di kuasai oleh pengusaha besar.

jangan lupa tambahkan komentar dan berikanlah like atau share pengetahuan anda dan sebarkan apa yang anda baca hari ini, karena barang siapa membantu mendapatkan informasi bagi orang lain , maka dia adalah orang yang berguna , selamat beraktifitas kawan, semoga pelajaran dan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda, barangkali ada informasi yang kurang atau salah, silahkan komenter dan beri masukan.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.