Halloween party ideas 2015










Lumut. Terlintas tumbuhan yang hidup di daerah lembab. Berkesan tak bermanfaat dan 'menjijikkan'. Tapi di Mojokerto, Jawa Timur, lumut menjadi kuliner khas lho.



Nasi bakar lumut. Salah satu menu andalan Kafe Wijaya Kusuma di SMK PGRI Sooko Mojoerto. Menu itu pun menjadi bisnis baru di Mojokerto. Bukan hanya anak-anak sekolah, warga setempat pun menggemarinya.



"Biasanya, lumut kan sebagian orang pasti jijik dan tak berguna, namun di sini kita bisa kreasikan menjadi berbagai makanan. Salah satunya adalah Nasi bakar lumut," kata Kepala Program Tataboga di SMK PGRI Sooko, Harisnaini.



Tak sia-sia Harisnaini mencetuskan ide itu. Ia dan karyanya meraih penghargaan. Beberapa waktu lalu ia menyabet penghargaan di lomba cipta menu sebakorwil Bojonegoro-Madiun dan masuk dalam lima besar.



"Lumut yang digunakan adalah lumut yang dikenal dengan lumut sri demprok. Bukan hanya unik tapi juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, di antaranya kandungan karbohidrat 45 persen per gram. Protein, zat besi, fosfor," ujarnya.







Rasa nasi lumut bakar sangat khas. Nasinya gurih pedas dan dibungkus dengan daun pisang. Mirip lemper. Didalamnya terdapat suwiran ayam bercampur lumut dan sambal pedas yang diolah dengan rempah-rempah khas Mojokerto.



"Konsumen cukup mengeluarkan dana Rp3 ribu per bungkus, cukup murah karena kita jualnya pun di kantin sekolah, tapi masyarakat umum juga bisa menikmatinya," katanya.



Tak hanya nasi bakar, lumut pun bisa diolah menjadi beragam makanan. Misalnya bakso lumut, otak-otak bandeng lumut, dan dawet lumut.



Silakan mencobanya bila berkunjung ke Mojokerto...











Sumber: metrotvnews



from Suaranews http://ift.tt/1PVsl4u

via Berita Indonesia, SuaraNews, semua artikel resmi dari suaranews, silahkan kunjungi website suaranews untuk mendapatkan informasi dan berita yang lebih lengkap. nikmati terus informasi terbaru dan berita aktual lainnya juga. selamat beraktivitas

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.