Halloween party ideas 2015

Penginderaan jarak jauh atau yang sering disebut dengan remote sensing adalah pengukuran sebuah objek yang dilakukan oleh alat yang secara fisik tidak bersentuhan dengan objek tersebut (misalnya dari pesawat, satelit, kapal laut dan berbagai macam alat lainnya ). Contoh dari penginderaan jarak jauh adalah pengamatan bumi dari sateli, pengamatan cuaca dari sateli, pengamatan bintang - bintang dari satelit.

komponen dari penginderaan jarak jauh adalah :


  1. sumber tenaga : sumber tenaga terdidri dari dua yaitu sumber tenaga yang menggunakan energi surya, dan sumber tenaga yang menggunakan gelombang mikro.
  2. atmosper : komponen ini merupakan lapisan udara yang melapisi bumi seperti O2, Co2, helium dll, atmosper ini juga penghalangi pancaran sumber tenaga mencapai bumi.
  3. Interaksi antara tenaga dan obyek dapat dilihat dari rona yang dihasilkan oleh foto udara. Tiap-tiap obyek memiliki karakterisitik yang berbeda dalam memantulkan atau memancarkan tenaga ke sensor.
  4. data : data ddibagi menjadi dua jenis yaitu data manual dan data digital
  5. pengguna data : Pengguna data merupakan komponen akhir yang penting dalam sistem inderaja, yaitu orang atau lembaga yang memanfaatkan hasil inderaja. Jika tidak ada pengguna, maka data inderaja tidak ada manfaatnya. Salah satu lembaga yang menggunakan data inderaja misalnya adalah Bidang meteorologi dan klimatologi, bidan militer, bidang kependudukan.

    Post a Comment

    This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

    Powered by Blogger.