Halloween party ideas 2015

JENIS-JENIS PENYIMPANAN

1. MAGNETIK DISK

            Magnetic disk adalah suatu pirinagn bundar yang terbuat dari bahan tertentu yaitu logam dan plastic dengan permukaan yang dapat dimagnetasi.

Organisasi data dan pemformatan
  1. organisasi data pada piringan berbentuk cincin-cincin yang konsentris yang disebut   track.
  2. masing-masing track sama lebarnya dengan head.
  3. gap yang memisahkan track bertujuan umtuk mengurangi error akibat melesetnya head.
  4. data yang dismpan pada daerah yang berukuran block dikenal sebagai sektor. Terdapat 10 sampai 100 sektor per track.

Gambar magnetik disk


Karakteristik magnetic disk

  1. gerakan head

·          Fixed head disk Ú terdapat sebuah head baca/tulis per track jadi ada beberapa head baca/tulis per surface. Semua head ditempatkan pada lengan memanjang ke seluruh track.
·         Movable head disk Ú hanya terdapat sebuah head baca/tulis per surface. Lengan dimana head ditempatkan dapat memanjang dan memendek untuk menuju ke salah satu track.


  1. portabilitas disk

Disk berada pada sebuah disk drive yang terdiri dari lengan, tangkai yang dapat menggerakkan disk, dan perangkat elektronik untuk keperluan input dan output data biner.
·         Non-removable disk Ú secara permanen berada pada disk drive.
·         Removable disk Ú dapat dilepas dan diganti dengan disk lain.
  1. permukaan
 Double-sided Ú kedua sisi permukaannya dimagnetisasi
       Single-sided Ú hanya satu permukaan yang dimagnetisasi (disk bermuka tunggal)

  1. banyaknya piringan
1 single platter
2 multiple platter


2. FLOOPY DISK

Floopy disk adalah lembaran plastik yang berbentuk bulat dan dilapisi oleh bahan yang mengandung magnit. Pada floppy disk terdapat lubang ditengahnya untuk rangkaian menjalankan disk. Disk tertutup oleh dalam sebuah bungkus ytang bertujuan untuk melindunginya.




Karakteristik disket adalah head menyentuh permukaan disk saat membaca ataupun menulis. Efeknya Disket tidak tahan lama dan sering rusak. Maka dibuat mekanisme penarikan head dan menghentikan rotasi disk ketika head tidak melakukan operasi baca dan tulis. Efeknya Namun akibatnya waktu akses disket cukup lama




3. MAGNETIK TAPE
Magnetic tape adalah model pertama dari pada secondary memory. Tape ini juga dipakai untuk alat input/output dimana informasi dimasukkan ke CPU dari tape dan informasi diambil dari CPU lalu disimpan pada tape lainnya.
Panjang tape pada umumnya 2400 feet, lebarnya 0.5 inch dan tebalnya 2 mm. Data disimpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastik yang dilapisi ferroksida. Flexible plastiknya disebut mylar. Mekanisme aksesnya adalah tape drive.

  1. Fungsi magnetic tape
Sebagai media penyimpanan, media input dan out put, untuk merekam audio dan video.
  1. Cara kerja magnetic tape
Data direkam secara digit pada media tape sebagai titik-titik magnetisasi pada lapisan ferroksida. Magnetisasi positif menyatakan 1 bit, sedangkan magnetisasi negatif menyatakan 0 bit atau sebaliknya.
  1. system block pada magnetic tape
Data yang dibaca dari atau ditulis ke tape dalam suatu grup karakter disebut block. Suatu block adalah jumlah terkecil dari data yang dapat ditransfer antara secondary memory dan primary memory pada saat akses. Sebuah block dapat terdiri dari satu atau lebih record. Sebuah block dapat merupakan physical record.Diantara 2 block terdapat ruang yang kita sebut sebagai gap (inter block gap).
  1. keuntungan
panjangnya tidak terbatas, volume penyimpanan data besar dan murah, kecepatan
data transfer tinggi, Sangat efisiensi bila semua atau kebanyakan record dari sebuah tape file memerlukan pemrosesan seluruhnya
  1. kelemahan
akses langsung ke record lambat, masalah lingkungan, proses harus sequential.


4. OPTICAL DISK
1.      CD (Compact Disk) Ú suatu disk yang tidak dapat dihapus yang menyimpan informasi audio yang telah didigitasi. Sistem standar menggunakan disk 12 cm yang dapat merekam lebih dari 60 menit waktu putar tanpa henti.
2.      CD-ROM (Compact Disk Read Only Memory) Ú Disk yang tidak dapat dihapus untuk menyimpan data komputer. Sistem standar menggunakan disk 12 cm yang dapat menampung lebih dari 550 Mbyte.
3.      CD-I (Compact Disk Interactive) Ú Suatu spesifikasi yang didasarkan pada penggunaan CD-ROM. Spesifikasi ini menjelaskan metode penyediaan audio, video, grafis, teks, dan kode yang dapat dieksekusi mesin pada CD-ROM.
4.      DVI (Digital Video Interactive) Ú Sebuah teknologi untuk memproduksi representasi informasi video yang didigitasi dan terkompresi. Representasi dapat disimpan pada CD atau media disk lainnya. Sistem yang ada sekarang menggunakan CD dan dapat menyimpan sekitar 20 menit video pada satu disk.
5.      WORM (Write One Read Many) Ú Sebuah disk yang lebih mudah ditulisi dibandingkan dengan CD-ROM, yang membuatnya secara komersial feasible untuk menyalin sebuah CD. Ukuran yang populer adalh 5,25 inchi yang dapat menampung 200 hingga 800 Mbyte data.
6.      Erasable Optical Disk  Ú Suatu disk yang menggunakan teknologi optik namun dapat dihapus dan ditulisi ulang dengan mudah. Terdapat dua jenis ukuran yang umum dipakai: 3,25 inchi dan 5,25 inchi. Umumnya mempunyai kapasitas 650 Mbyte.


Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.