Halloween party ideas 2015

Komputer Sebagai Alat Bantu Sistem Informasi Akutansi

            Proses pengolahan data akutansi manual memerlukan waktu yang cukup lama sehingga sering terjadi keterlambatan pembuatan laporan – laporan keuangan. Dengan batuan komputer pengolahan data akutansi menjadi lebih cepat. Hal ini karena kemampuan komputer unutk mengolah data jauh lebih cepat melebihi kecepatan manusia. Dengan adanya perkembangan komputer yang semakin maju, semakin banyak perusahaan yang menggunakan komputer untuk mengolah data akutansinya. Beberapa tahap dalam proses pengolahan data yang memperoleh manfaat besar bagi penggunaan komputer antar lain adalah :

  1. Verifikasi. Komputer dapat mengecek kebenaran maupun kelayakan angka – angka yang menjadi masukan dalam suatu proses. Misalnya mengecek kebenaran kode yang digunakan, pengecekan jumlah rupiah dan transaksi lainnya.
  2. Sortir. Komputer memungkinkan untuk melakukannya pensortiran data ke dalam beberapa klasifikasi yang berbeda dengan sangat cepat. Misalnya faktur penjualan dapat disrortir kedalam klasifikasi langganan, jenis produk, daerah penjualan dan lain sebagainya.
  3. Transmissiom. Komputer dapat memindahkan lokasi dari suatu tempat ke tempat lainya dengan cepat.
  4. Perhitungan. Dengan komputer, perhitungan – perhitungan dapat dilakukan dengan cepat missal menghitung saldo rekening sesudah ada posting, menghitung sekelompok transaksi dan lain sebagainya.


Kemampuan komputer yang dapat melakuka penghitungan secara cepat sehingga sangat bermanfaat bagi suatu sistem informasi, dan juga bagi perusahaan yang sudah mengolah data akutansinya dengan bantuan komputer.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.