Halloween party ideas 2015

Metode TOPSIS
TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) (Hwang dan Yoon, 1981) yang merupakan bagian dari model FMADM yang memiliki konsep fundamental yaitu menentukan jarak Euclide terpendek dari solusi ideal positif dan jarak Euclideterjauh dari solusi ideal negatif.
1.     Kelebihan TOPSIS
a.     konsepnya sederhana dan mudah dipahami;
b.     komputasinya efisien; dan
c.     memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja relatif dari alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang sederhana.
2.     Kekurangan TOPSIS
Hasil perhitungan akan lebih efisien bila dihitung terlebih dahulu dengan metode AHP setelah itu perhitungan dilanjutkan dengan memakai metode TOPSIS

Langkah Penyelesaian TOPSIS
Dalam penelitian ini menggunakan FMADM metode TOPSIS. Adapun langkah-langkahnya adalah:
1.   Menentukan kriteria-kriteria yang akan dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan, yaitu Ci.
2.   Menentukan rating kecocokan setiap alternatif pada setiap kriteria.
3.   Membuat matriks keputusan berdasarkan kriteria (Ci), kemudian melakukan normalisasi matriks berdasarkan persamaan yang disesuaikan dengan jenis atribut (atribut keuntungan) sehingga diperoleh matriks ternormalisasi R.
4.   Hasil akhir diperoleh dari proses perankingan yaitu penjumlahan dari perkalian matriks ternormalisasi R dengan vektor bobot sehingga diperoleh nilai terbesar yang dipilih sebagai alternatif terbaik (Ai) sebagai solusi. (Kusumadewi, 2006).

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.