Halloween party ideas 2015

Materi pelajaran sekolah telah diberikan di dalam kelas, sebagai media pembantu untuk meneruskan dan memudahkan pencarian informasi mengenai tugas tugas sekolah dan untuk menambah pengetahuan siswa atau bahkan untuk guru, maka blog ini memuat beberapa materi sekolah yang mungkin akan berkaitan dengan pelajaran anda dan dapat dipakai sebagai referensi, selamat membaca - materi pelajaran online sekolah sd, smp , sma ini, semoga membantu Dalam ilmu ekonomi, kita akan mempelajari usaha manusia dalam mencapai kemakmuran. Untuk mencapai kondisi tersebut, manusia harus mampu memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas. Di lain sisi, jumlah alat pemuas kebutuhan tersebut terbatas. Kondisi yang demikian kemudian menimbulkan masalah-masalah ekonomi yang lain. Untuk itulah, ilmu ekonomi sangat penting untuk kita pelajari. Berikut akan diuraikan beberapa hal yang menjadi alasan dalam mempelajari ilmu ekonomi. Memahami perilaku masyarakat

Seseorang akan melakukan interaksi dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Interaksi tersebut kemudian menciptakan pertukaran, baik barang atau jasa yang dibutuhkan masing-masing individu. Dalam interaksi tersebut kita dapat memahami perilaku masyarakat. Hal ini dapat dicontohkan ketika terjadi tawar-menawar antara pembeli dan penjual di pasar. Ketika seorang penjual menawarkan harga yang terlalu tinggi maka pembeli akan beralih ke penjual lain. Hal ini menunjukkan bahwa seorang pembeli cenderung mencari sesuatu dengan harga yang murah.



a. Bersikap demokratis dan rasional

Ilmu ekonomi dapat digunakan sesoerang untuk melatih sikap demokratis dan rasional dalam kehidupan sehari-hari. Sikap demokratis dapat diunjukkan dengan mengutamakan pemenuhan kebutuhan yang lebih mendesak terlebih dahulu. Contoh sikap demokratis dapat dicontohkan ketika seorang ayah dihadapkan pada dua pilihan, yaitu membeli sepeda motor baru atau membiayai sekolah anaknya. Dalam hal ini kebutuhan biaya sekolah merupakan kebutuhan yang sifatnya harus diutamakan, sehingga pembelian motor baru ditunda.

Sikap rasional sangat ditekankan dalam ilmu ekonomi. Hal ini berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Seorang pelajar memiliki keinginan untuk memiliki sebuah telepon genggam keluaran terbaru yang harganya di atas Rp2.000.000,00. Namun, perlu kita ketahui bahwa keinginan akan telepon genggam perlu dipertimbangkan dengan kemampuan untuk membelinya. Jika kemampuan untuk membeli telepon genggam tersebut tidak ada, sebaiknya pemenuhan terhadap kebutuhan tersebut ditunda. Dengan demikian, usaha pemenuhan kebutuhan tersebut tidak akan menimbulkan permasalahan yang lain, seperti utang yang banyak.



b. Memperbaiki cara berpikir Ilmu ekonomi mengajarkan seseorang untuk selalu bersikap rasional dalam segala hal. Melalui ilmu ekonomi, kita akan terarah pada hal-hal yang rasional dalam memecahlcan suatau masalah. Sikap rasional tersebut akan disertai teknik berpikir dan metode-metode pemecahan masalah yang mempermudah kita dalam mengambil keputusan. Hal ini dapat dicontohkan ketika kita dihadapkan pada pilihan untuk meneruskan pendidikan ke jenjang universitas. Dalam menentukan pilihan universitas, kita harus mempertimbangkan kualitas dari universitas tersebut. Pertimbangan perlu dilakukan agar kita dapat memperoleh hasil yang maksimal ketika lulus nanti.



c. Memahami masalah global Sebuah negara tidak akan mampu memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa bantuan negara lain, termasuk negara maju sekalipun. Hal ini kemudian mendorong tiap negara untuk melakukan kerja sama. Terjalinnya kerja sama antarnegara ini tidak terlepas dari permasalahan global yang timbul saat ini. Kita misalkan saja sebuah negara sedang dilanda perang. Kondisi yang demikian tentu saja membuat negara lain enggan bekerja sama dengan negara tersebut.

jangan lupa tambahkan komentar dan berikanlah like atau share pengetahuan anda dan sebarkan apa yang anda baca hari ini, karena barang siapa membantu mendapatkan informasi bagi orang lain , maka dia adalah orang yang berguna , selamat beraktifitas kawan, semoga pelajaran dan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda, barangkali ada informasi yang kurang atau salah, silahkan komenter dan beri masukan.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.