Halloween party ideas 2015

Materi pelajaran sekolah telah diberikan di dalam kelas, sebagai media pembantu untuk meneruskan dan memudahkan pencarian informasi mengenai tugas tugas sekolah dan untuk menambah pengetahuan siswa atau bahkan untuk guru, maka blog ini memuat beberapa materi sekolah yang mungkin akan berkaitan dengan pelajaran anda dan dapat dipakai sebagai referensi, selamat membaca - materi pelajaran online sekolah sd, smp , sma ini, semoga membantu Bisnis utama bank adalah sebagai tempat atau lembaga penyimpanan uang dan peminjaman uang. Karena itu, jasa perbankan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu jasa simpanan dan jasa pinjaman. Banyak dari jasa bank digunakan tidak hanya oleh individu, melainkan juga pengusaha atau dunia bisnis pada umumnya. Agar pembicaraan kita tidak melebar jauh, kita hanya akan membicarakan layanan bank yang banyak dipakai oleh individu dalam kehidupan sehari-hari.



Produk Penyimpanan

a. Tabungan

Tabungan merupakan produk simpanan di bank yang penyetoran dan penarikannya dapat dilakukan kapan saja. Hampir semua orang merasa wajib memiliki tabungan di bank. Banyak tujuan orang dalam menabung. Yang pertama adalah untuk mengumpulkan dana untuk keperluan di masa depan. Yang kedua adalah menggunakan tabungan sebagai tempat menyimpan uang untuk biaya hidup sehari-hari.

Bunga tabungan diberikan bank agar dana yang disimpan di dalam tabungan dapat berkembang, sehingga nasabah makin rajin menabung. Bunga tabungan ini diberikan pada akhir bulan berdasarkan saldo rata-rata harian bulan tersebut. Bunga bisa diberikan secara single rate bisa juga secara bertingkat. Single rate artinya berapapun jumlah uang di tabungan, tingkat bunganya sama. Sedangkan bunga bertingkat artinya, semakin banyak saldo yang ditabung, semakin tinggi bunga yang kita terima.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, banyak bank yang memberikan fasilitas tambahan pada produk tabungan mereka seperti ATM (Automatic Teller Machine) dan debit card.

ATM merupakan pelayanan pembayaran kepada nasabah dengan menggunakan mesin yang dikendalikan komputer. Pemilik tabungan cukup memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM untuk dapat menarik uang dari tabungannya. Pada saat ini mesin ATM memiliki banyak fasilitas seperti pembayaran berbagai tagihan, transfer uang, hingga pembelian pulsa telepon seluler.

Fasilitas lain yang sering ditambahkan pada produk tabungan masa kini adalah fasilitas debit card. Debit card (kartu debet) merupakan kartu pengganti uang untuk keperluan pembiayaan sehari-hari. Tempat-tempat yang menerima debit card biasanya sama dengan tempat yang menerima credit card. Debit card 'bekerja' berdasarkan tabungan, artinya ketika kamu menggunakan debit card sebagai alat bayar, sebenarnya kamu tengah mengurangi jumlah tabunganmu sendiri. Hal ini berbeda dengan kartu kredit yang merupakan bentuk hutang terhadap bank.



b. Deposito

Deposito adalah produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu saja. Sebagai contoh, jika kamu menaruh uang Rp 1 juta pada deposito yang berjangka waktu 3 bulan, maka uang Rp 1 juta tersebut baru bisa kamu ambil setelah 3 bulan. Pada saat jatuh tempo, kamu juga akan memperoleh bunga.

Bunga deposito biasanya lebih tinggi dibandingkan bunga tabungan. Ini karena uangmu ditanam selama jangka waktu tertentu sehingga bank menjanjikan suku bunga lebih tinggi daripada tabungan yang bisa diambil setiap saat. Biasanya, inilah daya tarik utama deposito dibandingkan dengan tabungan.

Keuntungan lain dari deposito adalah tidak adanya biaya administrasi bulanan meski tetap ada pajak deposito dari bunga deposito.



c. Giro

Giro merupakan rekening yang cocok untuk pribadi yang sangat sering menggunakan jasa perbankan. Rekening giro adalah rekening yang uangnya bisa diambil setiap hari. Rekening ini dilengkapi dengan fasilitas pembayaran dengan cek dan giro bilyet. Bila kamu bertransaksi dengan orang lain, kamu bisa membayarnya dengan menggunakan cek atau giro bilyet. Cek adalah surat berharga di mana orang yang menerimanya bisa langsung menguangkannya di bank, sedangkan giro bilyet merupakan surat berharga di mana orang yang menerimanya tidak bisa menguangkan giro itu di bank, melainkan disetorkan ke dalam rekening. Setelah itu, uang dapat diambil dari rekening.

Rekening giro biasanya tidak memberikan bunga. Kalaupun ada, bunganya kecil (sekitar 1-2 % dari jumlah saldo terendah yang menjadi ketentuan minimal) dan disebut sebagai "jasa giro".

Sebagai timbal balik atas pelayanan dan fasilitas yang diberikan, hampir semua bank mengenakan biaya administrasi kepada nasabah yang langsung dipotong dari rekening giro.



2. Layanan Peminjaman

Bank biasanya membedakan antara kredit yang diberikan kepada perusahaan dan kredit kepada individu (perseorangan). Meskipun demikian, yang dibicarakan di sini hanyalah layanan peminjaman yang diberikan secara perseorangan saja.

Pinjaman per individu yang umumnya dilakukan adalah kartu kredit (credit card), pinjaman bank (bank loan) dan kredit cicilan (installment credit).

a. Kartu Kredit (credit card)

Kartu kredit merupakan kartu yang terbuat dari plastik yang digunakan untuk membiayai pembelian barang dengan cara kredit pada saat transaksi dilakukan. Dengan demikian, seseorang tidak perlu membawa uang tunai pada saat bertransaksi di tempat tertentu. Cukup dengan menggesek kartu kredit saja.

Meskipun mudah dan aman digunakan, kartu kredit memberikan bunga di setiap transaksi yang dilakukan konsumen. Besarnya beragam, tergantung bank yang mengeluarkan. Sebagai tambahan, pengguna kartu kredit biasanya dikenai bunga bulanan atau bunga tahunan atau juga iuran keanggotaan. Iuran keanggotaan ini harus dibayar meskipun pemiliknya tidak pernah memakai kartu kredit.

Di Indonesia, kartu kredit yang terkenal antara lain adalah Visa, MasterCard, American Express, dan Diner's Club.



b. Pinjaman Bank (bank loan)

Pinjaman bank merupakan bentuk pinjaman uang dari bank kepada individu atau perusahaan dengan jangka waktu pengembalian yang ditentukan dan tingkat bunga yang tetap berdasarkan tingkat bunga yang berlaku dengan pengembalian yang ditentukan. Untuk mendapatkan pinjaman, seringkali peminjam dimintai jaminan seperti sertifikat rumah untuk jaminan apabila terjadi kemacetan dalam pembayaran.

Bila kita meminjam uang di bank, kita diharuskan membayar bunga bank. Sebenarnya ada tiga alasan utama mengapa sistem bunga diterapkan:

1. Orang meminjamkan uang karena pada sat ini mereka tidak membutuhkan uang tersebut. Namun begitu uang itu keluar, mungkin pemilik asli uang tersebut memiliki kesempatan untuk menanam modal atau membutuhkan uang itu dengan segera. Karena uang itu telah dipinjamkan, ia tidak bisa menggunakan uang tersebut. Karena alasan ini, kreditur (peminjam uang) hanya akan meminjamkan uangnya bila mereka mendapatkan kompensasi atau timbal balik berupa bunga karena kreditur tidak bisa menggunakan uang pada saat dibutuhkan.

2. Peminjaman uang merupakan bisnis yang penuh risiko. Selalu ada kemungkinan debitur (peminjam uang) tidak akan mengembalikan uangnya. Agar orang mau meminjamkan uang dan mengambil risiko, mereka harus menerapkan sistem bunga.

3. Nilai uang turun sejalan dengan waktu. Orang yang meminjamkan uang ingin sesuatu sebagai timbal balik karena turunnya nilai uang ini. Jika harga barang dan jasa naik, jumlah barang dan jasa yang dibeli akan semakin sedikit. Jadi, bunga harus merefleksikan hal ini. Misalnya:

Bank A akan menggunakan uang Rp 5 juta untuk membeli alat kantor. Namun karena dipinjam oleh Pak Jono, Bank A tidak dapat menggunakan uang Rp 5 juta tersebut. Pada akhir tahun, ketika uang itu kembali, harga peralatan kantor sudah naik. Sebagai kompensasi, agar pihak pemberi uang dapat membeli barang yang ia butuhkan, pihak debitur harus membayar bunga.



c. Kredit Cicilan (installment credit)

Kredit cicilan biasanya digunakan konsumen untuk membeli barang seperti elektronik, komputer, rumah atau kendaraan bermotor. Dengan adanya kredit cicilan, konsumen bisa membawa barang tersebut pulang ke rumah setelah membayar uang muka. Bulan berikutnya, konsumen harus membayar cicilan ditambah dengan bunga hingga cicilan lunas. Lamanya kredit cicilan bisa beragam, mulai dari 3 bulan hingga 18 bulan.

jangan lupa tambahkan komentar dan berikanlah like atau share pengetahuan anda dan sebarkan apa yang anda baca hari ini, karena barang siapa membantu mendapatkan informasi bagi orang lain , maka dia adalah orang yang berguna , selamat beraktifitas kawan, semoga pelajaran dan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda, barangkali ada informasi yang kurang atau salah, silahkan komenter dan beri masukan.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.