Halloween party ideas 2015

Materi pelajaran sekolah telah diberikan di dalam kelas, sebagai media pembantu untuk meneruskan dan memudahkan pencarian informasi mengenai tugas tugas sekolah dan untuk menambah pengetahuan siswa atau bahkan untuk guru, maka blog ini memuat beberapa materi sekolah yang mungkin akan berkaitan dengan pelajaran anda dan dapat dipakai sebagai referensi, selamat membaca - materi pelajaran online sekolah sd, smp , sma ini, semoga membantu Penghitungan PDRB suatu daerah secara umum dapat dilakukan dengan menggunakan dua metode, yaitu metode langsung dan metode tidak langsung. Metode langsung adalah metode penghitungan PDRB dengan cara langsung menghitung nilai tambah yang terbentuk dari atau yang diperoleh atau yang dibelanjakan pada masing-masing komponen penyusunan PDRB berdasarkan data yang bersumber dari daerah tersebut. Metode langsung akan memperlihatkan karakteristik sosial ekonomi setiap daerah.

Penghitungan dengan metode langsung dilakukan dengan menggunakan tiga pendekatan, yaitu pendekatan produksi, pendekatan pendapatan dan pendekatan pengeluaran.

a. Pendekatan Produksi

Penghitungan PDRB dengan pendekatan produksi adalah dengan cara menghitung nilai tambah dari barang dan jasa yang berhasil diciptakan oleh masing-masing kegiatan ekonomi yang ada pada suatu wilayah dan kemudian menjumlahkannya. Dalam pendekatan ini seluruh kegiatan ekonomi dikelompokkan ke dalam sembilan sektor dan selanjutnya masing-masing sektor dipecah lagi ke dalam beberapa subsektor.



b. Pendekatan Pendapatan

Perhitungan PDRB dengan pendekatan pendapatan adalah dengan cara menghitung semua balas jasa yang diterima oleh masing-masing faktor produksi, yaitu upah dan gaji, dan surplus usaha serta ditambah dengan unsur penyusutan dan pajak tidak langsung neto. Untuk sektor pemerintahan dan usaha-usaha yang sifatnya tidak mencari untung, surplus usaha tidak diperhitungkan atau nilainya sama dengan nol. Surplus usaha antara lain mencakup bunga atas modal, sewa tanah, dan laba.



c. Pendekatan Pengeluaran

Perhitungan PDRB dengan pendekatan pengeluaran bertitik tolak pada penggunaan akhir dari barang dan jasa di wilayah kabupaten/kota. Jadi, PDRB dihitung berdasarkan komponen pengeluaran akhir yang menggunakan/mengonsumsi nilai tambah tersebut.

jangan lupa tambahkan komentar dan berikanlah like atau share pengetahuan anda dan sebarkan apa yang anda baca hari ini, karena barang siapa membantu mendapatkan informasi bagi orang lain , maka dia adalah orang yang berguna , selamat beraktifitas kawan, semoga pelajaran dan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda, barangkali ada informasi yang kurang atau salah, silahkan komenter dan beri masukan.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.