Halloween party ideas 2015

Materi pelajaran sekolah telah diberikan di dalam kelas, sebagai media pembantu untuk meneruskan dan memudahkan pencarian informasi mengenai tugas tugas sekolah dan untuk menambah pengetahuan siswa atau bahkan untuk guru, maka blog ini memuat beberapa materi sekolah yang mungkin akan berkaitan dengan pelajaran anda dan dapat dipakai sebagai referensi, selamat membaca - materi pelajaran online sekolah sd, smp , sma ini, semoga membantu Data perkembangan PDRB disajikan atas dasar harga berlaku dari tahun ke tahun menggambarkan perkembangan yang disebabkan oleh adanya perubahan dalam volume produksi barang dan jasa yang dihasilkan dan perubahan tingkat harga barang dan jasa tersebut dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, unruk dapat mengukur perubahan volume produksi dan perkembangan produktivitas secara nyata, faktor pengaruh perubahan harga perlu dihilangkan dengan cara menghitung PDRB atas dasar harga konstan dilakukan dengan membandingkan output pada tahun berjalan dengan indeks harga.

Perhitungan atas dasar harga konstan ini berguna untuk perencanaan ekonomi secara keseluruhan atau secara sektoral. PDRB menurut lapangan usaha atas dasar harga konstan apabila dikaitkan dengan data-data mengenai tenaga kerja dan modal barang yang dipakai dalam proses produksi dapat memberikan gambaran yang nyata tentang tingkat produktivitas dan kapasitas produksi masing-masing sektor/subsektor dari tahun ke tahun.

Produk riil per kapita biasanya juga dipakai sebagai indikator untuk menggambarkan perubahan tingkat kemakmuran ekonomi suatu daerah dari tahun ke tahun. Untuk perencanaan dan proyeksi pada masa mendatang atau ramalan selalu bertitik tolak dari penghitungan atas dasar harga konstan.

Secara konsep nilai atas dasar harga konstan dapat juga mencerminkan volume produksi pada tahun berjalan yang dinilai atas dasar harga pada tahun dasar. Dari segi metode statistik, nilai tambah atas dasar harga konstan dapat diperoleh dengan beberapa metode sebagai berikut.

a. Revaluasi

Metode ini dilakukan dengan cara mengalikan volume produksi barang dan jasa yang dihasilkan pada tahun yang berjalan dengan harga barang dan jasa tersebut pada tahun dasar.

b. Ekstrapolasi

Metode ini dilakukan dengan cara membagi nilai produksi pada tahun berjalan dengan suatu indeks volume dan dikalikan 100. Indeks volume yang digunakan sebagai ekstrapolator dapat merupakan indeks dari masing-masing unit produksi seperti produk yang dihasilkan, tenaga kerja, jumlah perusahaan, dan lainnya yang dianggap sesuai.

c. Deflasi

Metode ini dilakukan dengan cara membagi nilai pada tahun berjalan dengan suatu indeks harga sebagai deflator dan dikalikan 100. Indeks harga yang digunakan sebagai deflator adalah indeks harga barang dan jasa yang sesuai dengan sifat dan komoditas dari kegiatan ekonomi yang dihitung nilainya, seperti indeks harga produsen, indeks harga bahan bangunan, indeks harga bahan pertambangan, indeks harga perdagangan besar dan sebagainya.

d. Deflasi Berganda

Metode ini dilakukan dengan cara mendeflasikan secara terpisah antara output dan biaya antara atau nilai tambah dari masing-masing kegiatan ekonomi. Indeks harga yang digunakan sebagai deflator untuk menghitung output biasanya merupakan indeks harga produsen atau indeks harga perdagangan besar, sedangkan untuk menghitung indeks biasanya merupakan indeks harga produsen atau indeks biaya antara digunakan indeks harga dari komponen input terbesar.

jangan lupa tambahkan komentar dan berikanlah like atau share pengetahuan anda dan sebarkan apa yang anda baca hari ini, karena barang siapa membantu mendapatkan informasi bagi orang lain , maka dia adalah orang yang berguna , selamat beraktifitas kawan, semoga pelajaran dan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda, barangkali ada informasi yang kurang atau salah, silahkan komenter dan beri masukan.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.