Penemuan puing-puing dari AirAsia Flight QZ8501 telah menjawab pertanyaan besar yang menghantui keluarga di pesawat yang hilang. Apa pertanyaan kunci, dan apa yang mungkin terjadi selanjutnya?.Berita ini bersumber dari CNN Internasional.
Apa menyebabkan pesawat jatuh?
Ini pertanyaan sulit. Dan belum ada yang tahu. Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan itu dibutuhkan penyelidikan berbulan-bulan untuk mengetahui apa yang terjadi setelah pesawat tipe Airbus A320-200 kehilangan kontak dengan kontrol lalu lintas udara Minggu pagi.
Tak lama sebelumnya, pilot meminta izin untuk berbalik dan naik ke ketinggian yang lebih tinggi karena cuaca buruk, menurut pejabat Indonesia.
Beberapa ahli mengatakan pesawat mungkin telah mengalami stall aerodinamis karena kurangnya kecepatan atau terbang di terlalu tajam sudut untuk bisa terbang lebih tinggi.
Analis juga mengatakan bahwa pilot mungkin belum mendapatkan informasi dari sistem onboard tentang posisi atau keadaan cuaca diwilayah tersebut seperti hujan atau hujan es dari badai bisa merusak mesin.
Kunci untuk memahami apa yang terjadi kemungkinan akan terkandung dalam perekam suara kokpit dan data penerbangan pesawat, umumnya dikenal sebagai kotak hitam.
"Sampai kita mendapatkan kotak hitam, kita tidak akan tahu apa yang terjadi dengan mesin," Bill Savage, mantan pilot dengan 30 tahun pengalaman, mengatakan kepada CNN.
Bagaimana cara kru mengevakuasi korban?
Pemulihan korban adalah prioritas pertama bagi mereka yang terlibat dalam operasi itu.
Helikopter dapat menurunkan penyelam untuk membantu mengevakuasi tubuh dan puing-puing dari permukaan air. Kapal juga memainkan peran, yang submersible jika tubuh terperangkap dalam reruntuhan di bawah permukaan.
Ada beberapa korban yang ada di permukaan air dan lain-lain terperangkap dalam reruntuhan di dasar Laut Jawa, sekitar 140 kaki (43 meter) ke bawah, kata Peter Goelz, mantan direktur US National Keselamatan Transportasi Dewan.
Ini akan menjadi tantangan bagi para penyelam untuk mencapai tubuh karena kedalaman yang sejauh penyelam bisa turun, katanya. Para penyelam mungkin harus menggunakan ruang pemulihan - sistem untuk membantu tubuh mereka menyesuaikan diri dan melanjutkan. "Ini akan memakan waktu," kata Goelz. "Anda harus menemukan bidang puing-puing, dan yang akan mengambil seminggu atau 10 hari." lanjut Goelz.
Bagaimana mereka Mengidentifikasi?
Rumah sakit di kota Indonesia dari Surabaya sedang mempersiapkan untuk mengidentifikasi mayat yang ditemukan di lepas pantai Kalimantan.
Untuk membantu mereka, kerabat penumpang Air Asia telah diminta untuk membawa foto-foto orang yang mereka cintai dan untuk menyediakan sampel DNA.
Tapi menemukan dan mengidentifikasi mayat162 orang di dalamnya adalah tugas besar. Dan tidak semua anggota badan penumpang dapat ditemukan.
Sebuah mayat yang utuh tidak mengenakan jaket pelampung. Apa yang bisa diindikasikan?
Goelz mengatakan itu bisa berarti bahwa apa yang terjadi dengan pesawat, itu terjadi dengan cepat. "Ada kemungkinan bahwa penumpang tidak punya waktu untuk bertindak menyelamatkan diri," kata Mary Schiavo, seorang pengacara dan mantan inspektur jenderal Departemen Transportasi AS.
Bisakah salah satu penumpang selamat?
Ada kecelakaan udara di masa lalu di mana telah terjadi alah satu penumpang selamat, kata Deborah Hersman, ketua Dewan Keamanan Nasional dan mantan ketua Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS.
Tapi menemukan orang hidup dari Flight 8501 akan menjadi skenario yang sangat tidak mungkin, katanya.
Seorang pencari mengatakan dia bisa melihat bayangan pesawat melalui air. Jika itu benar, lalu apa?
Jika klaim itu benar, pencari akan dapat lebih cepat m perekengevakuasi dan menemukan perekam data penerbangan (black box), kata Schiavo.
Dengan bantuan sonar, tidak perlu waktu lama untuk mengevakuasi perekam yang berisi penjelasan tentang apa yang terjadi di pesawat, kata Tim Taylor, seorang penyelam dengan 30 tahun pengalaman dan ahli teknik submersible dan alat-alat.
Pingers pesawat, atau beacon locator bawah air sedang dipersiapkan untuk membantu pencarian, Taylor mengatakan, sehingga akan membantu mempercepat penemua Black Box.
Bagaimana mereka akan menemukan dan mengambil reruntuhan?
Puing-puing itu ditemukan di Selat Karimata, sekitar 110 mil laut sebelah barat daya dari kota Indonesia dari Pangkalan Bun, kata AirAsia. Itu hanya 6 km dari titik terakhir yang diketahui pesawat itu hilang kontak.
Penyelam dan kapal dengan peralatan sonar yang dikirim ke selat karimata, di mana kedalaman air bervariasi antara 25 dan 30 meter (sekitar 80 sampai 100 kaki), kata Bambang Sulistyo, kepala badan pencarian dan penyelamatan Indonesia(BASARNAS).
Seperti halnya dalam mencari Malaysia Airlines MH370, sebuah pinger locator diderek dapat digunakan untuk menentukan perekam data penerbangan.
Schiavo mengatakan kedekatan reruntuhan sampai akhir titik radar diketahui, dia menyarankan bahwa tidak ada suatu perpisahan bertingkat dan bahwa pesawat mungkin jatuhnya dengan meluncur kedalam air.
Kedalaman dangkal air juga berarti bahwa potongan berat dari rongsokan yang tidak mungkin telah melayang sangat jauh sebelum mencapai bagian bawah.
Setiap potongan besar pesawat akan dibawa sehingga mereka dapat direkonstruksi sebagai bagian dari penyelidikan kecelakaan.
Tapi pertama-tama, evakuasi harus dipetakan karena lokasi bagian yang terpisah merupakan bagian penting dari mencari tahu apa yang terjadi, kata Taylor.
Apa puing-puing yang ditemukan sejauh ini menunjukkan jatuhnya Air Asia?
Melihat pintu keluar darurat mengambang bebas di atas air, serta beberapa jaket, mungkin menimbulkan pertanyaan tentang apakah awak sempat menyebarkan peralatan keselamatan sebelum pesawat menyentuh air. Tapi Schiavo mengatakan dia telah melihat lokasi kecelakaan lain di mana pintu keluar darurat atau peluncuran muncul keluar tanpa sengaja dibuka.
"Dalam banyak kasus, hal-hal hanya datang terpisah dalam kecelakaan pesawat, kebanyakan puing - puing terpisah di dalam air - tetapi kita pasti perlu tahu itu," katanya.
Saat ditemukan, perekam suara kokpit mungkin akan membantu menentukan apakah perintah yang diberikan dalam mempersiapkan keadaan darurat jatuhnya pesawat Air Asia.
Apa yang berikutnya untuk keluarga korban?
Keluarga penumpang mendapat kabar mereka pada hari Selasa dengan konfirmasi bahwa puing-puing pesawat telah ditemukan.
Beberapa pingsan karena mereka terus menonton konferensi pers tentang penemuan puing-puing dan melihat video helikopter menurunkan penyelam untuk melihat tubuh mengambang. Lainnya menangis.
Unsur utama adalah untuk menjaga kerabat dari informasi sementara penyelidikan terus berlanjut, kata Hersman.
"Ini tentang membuat keputusan untuk berbagi informasi dengan keluarga," katanya. Mereka yang bertanggung jawab juga perlu menjaga kredibilitas dengan memastikan mereka memiliki fakta-fakta yang benar dan berbagi mereka pada waktu yang tepat, katanya.
Ini juga penting untuk melindungi keluarga di tengah hiruk-pikuk media, katanya, terutama ketika adegan menyedihkan disiarkan - misalnya, tubuh mengambang.
Hersman juga menunjuk dampak berita tentang kecelakaan AirAsia pada keluarga mereka hilang dalam bencana udara lainnya, seperti hilangnya MH370 secara misterius pada bulan Maret. Pencarian pesawat yang terus berlanjut, 10 bulan kemudian.
"Kurangnya kemampuan untuk menutup segalanya emosional hanya melelahkan," kata Sarah Bajc kepada CNN, Senin malam. Pasangannya, Philip Woods, berada di papan MH370.
Saat berita bahwa pesawat lain telah menghilang pekan ini, Bajc berkata, "Aku baru saja mulai bergetar."
Penerbangan 8501 terbang dua jam lebih cepat dari jadwal semestinya. Apakah nantinya penyidik akan mempertimbangkan hal tersebut dalam penyelidikan?
Schiavo mengatakan mereka akan memperhitungkannya. Sebuah pesawat meninggalkan sebelum waktu keberangkatan yang dijadwalkan tidak pernah terjadi di Amerika Serikat, tapi itu tidak berarti tidak lazim di negara-negara lain, ia mencatat.
"Pertanyaan saya miliki adalah mengapa," katanya. "Apakah mereka mencoba untuk mengalahkan cuaca?".
Apa menyebabkan pesawat jatuh?
Ini pertanyaan sulit. Dan belum ada yang tahu. Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan itu dibutuhkan penyelidikan berbulan-bulan untuk mengetahui apa yang terjadi setelah pesawat tipe Airbus A320-200 kehilangan kontak dengan kontrol lalu lintas udara Minggu pagi.
Tak lama sebelumnya, pilot meminta izin untuk berbalik dan naik ke ketinggian yang lebih tinggi karena cuaca buruk, menurut pejabat Indonesia.
Beberapa ahli mengatakan pesawat mungkin telah mengalami stall aerodinamis karena kurangnya kecepatan atau terbang di terlalu tajam sudut untuk bisa terbang lebih tinggi.
Analis juga mengatakan bahwa pilot mungkin belum mendapatkan informasi dari sistem onboard tentang posisi atau keadaan cuaca diwilayah tersebut seperti hujan atau hujan es dari badai bisa merusak mesin.
Kunci untuk memahami apa yang terjadi kemungkinan akan terkandung dalam perekam suara kokpit dan data penerbangan pesawat, umumnya dikenal sebagai kotak hitam.
"Sampai kita mendapatkan kotak hitam, kita tidak akan tahu apa yang terjadi dengan mesin," Bill Savage, mantan pilot dengan 30 tahun pengalaman, mengatakan kepada CNN.
Bagaimana cara kru mengevakuasi korban?
Pemulihan korban adalah prioritas pertama bagi mereka yang terlibat dalam operasi itu.
Helikopter dapat menurunkan penyelam untuk membantu mengevakuasi tubuh dan puing-puing dari permukaan air. Kapal juga memainkan peran, yang submersible jika tubuh terperangkap dalam reruntuhan di bawah permukaan.
Ada beberapa korban yang ada di permukaan air dan lain-lain terperangkap dalam reruntuhan di dasar Laut Jawa, sekitar 140 kaki (43 meter) ke bawah, kata Peter Goelz, mantan direktur US National Keselamatan Transportasi Dewan.
Ini akan menjadi tantangan bagi para penyelam untuk mencapai tubuh karena kedalaman yang sejauh penyelam bisa turun, katanya. Para penyelam mungkin harus menggunakan ruang pemulihan - sistem untuk membantu tubuh mereka menyesuaikan diri dan melanjutkan. "Ini akan memakan waktu," kata Goelz. "Anda harus menemukan bidang puing-puing, dan yang akan mengambil seminggu atau 10 hari." lanjut Goelz.
Bagaimana mereka Mengidentifikasi?
Rumah sakit di kota Indonesia dari Surabaya sedang mempersiapkan untuk mengidentifikasi mayat yang ditemukan di lepas pantai Kalimantan.
Untuk membantu mereka, kerabat penumpang Air Asia telah diminta untuk membawa foto-foto orang yang mereka cintai dan untuk menyediakan sampel DNA.
Tapi menemukan dan mengidentifikasi mayat162 orang di dalamnya adalah tugas besar. Dan tidak semua anggota badan penumpang dapat ditemukan.
Sebuah mayat yang utuh tidak mengenakan jaket pelampung. Apa yang bisa diindikasikan?
Goelz mengatakan itu bisa berarti bahwa apa yang terjadi dengan pesawat, itu terjadi dengan cepat. "Ada kemungkinan bahwa penumpang tidak punya waktu untuk bertindak menyelamatkan diri," kata Mary Schiavo, seorang pengacara dan mantan inspektur jenderal Departemen Transportasi AS.
Bisakah salah satu penumpang selamat?
Ada kecelakaan udara di masa lalu di mana telah terjadi alah satu penumpang selamat, kata Deborah Hersman, ketua Dewan Keamanan Nasional dan mantan ketua Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS.
Tapi menemukan orang hidup dari Flight 8501 akan menjadi skenario yang sangat tidak mungkin, katanya.
Seorang pencari mengatakan dia bisa melihat bayangan pesawat melalui air. Jika itu benar, lalu apa?
Jika klaim itu benar, pencari akan dapat lebih cepat m perekengevakuasi dan menemukan perekam data penerbangan (black box), kata Schiavo.
Dengan bantuan sonar, tidak perlu waktu lama untuk mengevakuasi perekam yang berisi penjelasan tentang apa yang terjadi di pesawat, kata Tim Taylor, seorang penyelam dengan 30 tahun pengalaman dan ahli teknik submersible dan alat-alat.
Pingers pesawat, atau beacon locator bawah air sedang dipersiapkan untuk membantu pencarian, Taylor mengatakan, sehingga akan membantu mempercepat penemua Black Box.
Bagaimana mereka akan menemukan dan mengambil reruntuhan?
Puing-puing itu ditemukan di Selat Karimata, sekitar 110 mil laut sebelah barat daya dari kota Indonesia dari Pangkalan Bun, kata AirAsia. Itu hanya 6 km dari titik terakhir yang diketahui pesawat itu hilang kontak.
Penyelam dan kapal dengan peralatan sonar yang dikirim ke selat karimata, di mana kedalaman air bervariasi antara 25 dan 30 meter (sekitar 80 sampai 100 kaki), kata Bambang Sulistyo, kepala badan pencarian dan penyelamatan Indonesia(BASARNAS).
Seperti halnya dalam mencari Malaysia Airlines MH370, sebuah pinger locator diderek dapat digunakan untuk menentukan perekam data penerbangan.
Schiavo mengatakan kedekatan reruntuhan sampai akhir titik radar diketahui, dia menyarankan bahwa tidak ada suatu perpisahan bertingkat dan bahwa pesawat mungkin jatuhnya dengan meluncur kedalam air.
Kedalaman dangkal air juga berarti bahwa potongan berat dari rongsokan yang tidak mungkin telah melayang sangat jauh sebelum mencapai bagian bawah.
Setiap potongan besar pesawat akan dibawa sehingga mereka dapat direkonstruksi sebagai bagian dari penyelidikan kecelakaan.
Tapi pertama-tama, evakuasi harus dipetakan karena lokasi bagian yang terpisah merupakan bagian penting dari mencari tahu apa yang terjadi, kata Taylor.
Apa puing-puing yang ditemukan sejauh ini menunjukkan jatuhnya Air Asia?
Melihat pintu keluar darurat mengambang bebas di atas air, serta beberapa jaket, mungkin menimbulkan pertanyaan tentang apakah awak sempat menyebarkan peralatan keselamatan sebelum pesawat menyentuh air. Tapi Schiavo mengatakan dia telah melihat lokasi kecelakaan lain di mana pintu keluar darurat atau peluncuran muncul keluar tanpa sengaja dibuka.
"Dalam banyak kasus, hal-hal hanya datang terpisah dalam kecelakaan pesawat, kebanyakan puing - puing terpisah di dalam air - tetapi kita pasti perlu tahu itu," katanya.
Saat ditemukan, perekam suara kokpit mungkin akan membantu menentukan apakah perintah yang diberikan dalam mempersiapkan keadaan darurat jatuhnya pesawat Air Asia.
Apa yang berikutnya untuk keluarga korban?
Keluarga penumpang mendapat kabar mereka pada hari Selasa dengan konfirmasi bahwa puing-puing pesawat telah ditemukan.
Beberapa pingsan karena mereka terus menonton konferensi pers tentang penemuan puing-puing dan melihat video helikopter menurunkan penyelam untuk melihat tubuh mengambang. Lainnya menangis.
Unsur utama adalah untuk menjaga kerabat dari informasi sementara penyelidikan terus berlanjut, kata Hersman.
"Ini tentang membuat keputusan untuk berbagi informasi dengan keluarga," katanya. Mereka yang bertanggung jawab juga perlu menjaga kredibilitas dengan memastikan mereka memiliki fakta-fakta yang benar dan berbagi mereka pada waktu yang tepat, katanya.
Ini juga penting untuk melindungi keluarga di tengah hiruk-pikuk media, katanya, terutama ketika adegan menyedihkan disiarkan - misalnya, tubuh mengambang.
Hersman juga menunjuk dampak berita tentang kecelakaan AirAsia pada keluarga mereka hilang dalam bencana udara lainnya, seperti hilangnya MH370 secara misterius pada bulan Maret. Pencarian pesawat yang terus berlanjut, 10 bulan kemudian.
"Kurangnya kemampuan untuk menutup segalanya emosional hanya melelahkan," kata Sarah Bajc kepada CNN, Senin malam. Pasangannya, Philip Woods, berada di papan MH370.
Saat berita bahwa pesawat lain telah menghilang pekan ini, Bajc berkata, "Aku baru saja mulai bergetar."
Penerbangan 8501 terbang dua jam lebih cepat dari jadwal semestinya. Apakah nantinya penyidik akan mempertimbangkan hal tersebut dalam penyelidikan?
Schiavo mengatakan mereka akan memperhitungkannya. Sebuah pesawat meninggalkan sebelum waktu keberangkatan yang dijadwalkan tidak pernah terjadi di Amerika Serikat, tapi itu tidak berarti tidak lazim di negara-negara lain, ia mencatat.
"Pertanyaan saya miliki adalah mengapa," katanya. "Apakah mereka mencoba untuk mengalahkan cuaca?".
from Beriteknoid http://beriteknoid.blogspot.com/2014/12/10-pertanyaan-dibalik-menghilangnya-air.html
via Dewa89s - Berita Teknologi Terbaru - Seo Dan Berita
Post a Comment
This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself