Halloween party ideas 2015

Jakarta – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah angkat bicara mengenai Mukernas PPP yang merekomendasikan amandemen UUD 1945 agar syarat calon presiden adalah warga negara Indonesia asli.

Fahri menyebut PPP ekstrim dan keliru memahami konstitusi.

626a0e68-8a66-401a-85dd-3039bf832c9c

 

“Terkait apa yang sudah diamandemen dan mau diubah lagi itu perlu pembahasan, tidak perlu terburu-buru, harus ada kajian yang mendalam dan ini yang menyebabkan nanti kita tidak menyesal dan sering-sering mengubah konstitusi. Seharusnya bangsa yang stabil itu sebaiknya tidak sering-sering melakukan amandemen konstitusi. Amandemen itu proses pertumbuhan suatu bangsa,” kata Fahri Hamzah kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (06/10/2016).

Fahri juga mempertanyakan seperti apa definisi ‘asli’ yang ditekankan sebagai syarat capres tersebut.

“Memang arti asli itu nanti jadi persoalan. Siapa yg mau didefinsiikan asli? Apakah kita mau meng-exclude suku dan bangsa? Itu repot ya, kita harus sadar, kita hadir disatu bangsa yang konstitusi melebihi bangsa lain dan pengalaman lebih dari bangsa lain,” kata Fahri.

Dia pun menyinggung mengenai orang Amerika yang memerlukan waktu hingga 200 tahun untuk bisa menerima orang kulit hitam.

Kondisi ini dianggapnya berbeda dengan Indonesia yang dalam waktu 16 tahun reformasi memperbolehkan semua orang masuk menjadi bagian dalam kelembagaan negara.

“Sehingga ini harus jadi kesadaran bahwa pertumbuhan kita sudah luar biasa,” tambah Fahri.

Menurutnya, pada dasarnya orang Indonesia adalah keturunan Arab karena Bangsa Arab membawa agama Islam, juga nerupakan keturunan orang Cina karena Bangsa Cina yang bawa agama Budha, Orang Indonsia juga keturunan Orang India karena membawa agama Hindu ke Tanah Air.

Bahkan Orang Indonesia juga keturunan barat karena membawa agama Katolik dan Protestan.

“Jadi kalau bicara begituan rumit, enggak perlu. Ketika masuk ke ruang publik maka identitas kultural dan etnik kita jangan dipersoalkan karena itu ruang publik, yang tidak boleh itu anda menyuruh orang Islam menjadi pastor atau orang Kristen jadi imam Masjid itu baru engga boleh,” terang Fahri.

Dia menegaskan bahwa pemahaman ‘Capres Harus WNI Asli’ yang diusulkan PPP adalah sebuah pemahaman yang keliru.

“Yang begini jangan impulsif, harus nalar dengan baik karena konstitusi kita luar biasa. Saya tidak setuju dengan ekstrimitas PPP sebab itu datang dari pemahaman yang keliru tentang agama dan konstitusi,” tegasnya.(tdetiknews.com)

The post ini Kata Fahri Hamzah, Soal PPP Usul Capres Harus WNI Asli… appeared first on NKRI Today.



from / SOURCE = NKRI Today http://ift.tt/2duy59W
Berita terbaru dari NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA - Pastikan anda mengikuti dan sempat membaca berita meskipun melalui mobile phones atau smartphone dan meskipun anda sedang berada di kantor - Selamat Beraktifitas

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.