Halloween party ideas 2015

Materi pelajaran sekolah telah diberikan di dalam kelas, sebagai media pembantu untuk meneruskan dan memudahkan pencarian informasi mengenai tugas tugas sekolah dan untuk menambah pengetahuan siswa atau bahkan untuk guru, maka blog ini memuat beberapa materi sekolah yang mungkin akan berkaitan dengan pelajaran anda dan dapat dipakai sebagai referensi, selamat membaca - materi pelajaran online sekolah sd, smp , sma ini, semoga membantu Dalam batas-batas tertentu inflasi memang menguntungkan, karena pada dasarnya inflasi yang terkendali akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Tetapi jika sudah dalam taraf yang membahayakan, inflasi harus segera diatasi.

Adapun cara mengendalikan inflasi, yaitu:

1. Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter adalah kebijakan pemerintah di bidang keuangan (melalui bank sentral) untuk mengatur agar jumlah uang yang beredar sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan dalam suatu sistem perekonomian. Bentuk kebijakan moneter yang dilakukan untuk mengatasi inflasi antara lain:

a. Penetapan cadangan minimum melalui kebijakan diskonto (discount policy).

Fasilitas ini disediakan bagi bank-bank untuk memperlancar pengaturan keuangan bank agar jangan sampai tidak sesuai antara penanaman modal dan pendanaannya. Bila bank sentral ingin memperkecil jumlah uang beredar di masyarakat, bank sentral bisa menaikkan tingkat diskonto sehingga keinginan bank umum untuk meminjam dana pada BI menurun.

b. Operasi pasar terbuka (open market policy).

Dengan menjual berbagai surat berharga seperti obligasi, SBI, dan SBPU, maka uang masyarakat akan tersedot ke bank sentral sehingga uang beredar akan berkurang.

c. Kebijakan persediaan kas (cash ratio policy).

Agar inflasi tidak terjadi, maka bank sentral membuat kebijakan menaikkan persentase persediaan kas minimum dari bank umum. Dengan menaikkan persediaan kas ini, bank akan mengurangi pemberian kredit sehingga tidak memunculkan inflasi.



2. Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal merupakan kebijakan yang mengatur pengeluaran pemerintah dan perpajakan. Bentuk kebijakan fiskal yang ditempuh dalam mengatasi inflasi adalah:

a. Menurunkan pengeluaran pemerintah.

Dengan adanya pengurangan pengeluaran pemerintah, maka permintaan dapat dikurangi, sehingga uang yang beredar dapat berkurang.

b. Menaikkan pajak.

Jika pajak naik, maka uang yang dibelanjakan masyarakat akan berkurang karena orang hanya mengurangi dana yang mereka miliki berkurang demi pembayaran pajak.



3. Melalui Kebijakan Non Moneter atau Kebijakan Riil

Kebijakan riil merupakan kebijakan di luar kebijakan moneter dan kebijakan fiskal.

Bentuk kebijakan riil dalam mengatasi inflasi adalah:

a. Menaikkan hasil produksi.

Sebagaimana sudah diungkapkan di atas, inflasi terjadi karena ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran. Permintaan akan barang terjadi lebih besar dibandingkan dengan penawaran sehingga harga naik. Dengan demikian, bila produksi dapat ditingkatkan, maka permintaan masyarakat akan dapat dipenuhi sehingga pada akhirnya tidak terjadi inflasi.

b. Mengendalikan harga.

Agar harga tidak naik, pemerintah dapat mengendalikan harga dengan cara pengawasan. Pemerintah akan menetapkan harga tertinggi yang boleh diterapkan pengusaha. Bila hal ini dilanggar, maka pemerintah akan mengambil tindakan. Namun tanpa pengawasan yang baik, cara yang digunakan pemerintah ini dapat menimbulkan pasar gelap (black market).

jangan lupa tambahkan komentar dan berikanlah like atau share pengetahuan anda dan sebarkan apa yang anda baca hari ini, karena barang siapa membantu mendapatkan informasi bagi orang lain , maka dia adalah orang yang berguna , selamat beraktifitas kawan, semoga pelajaran dan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda, barangkali ada informasi yang kurang atau salah, silahkan komenter dan beri masukan.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.