Halloween party ideas 2015

Materi pelajaran sekolah telah diberikan di dalam kelas, sebagai media pembantu untuk meneruskan dan memudahkan pencarian informasi mengenai tugas tugas sekolah dan untuk menambah pengetahuan siswa atau bahkan untuk guru, maka blog ini memuat beberapa materi sekolah yang mungkin akan berkaitan dengan pelajaran anda dan dapat dipakai sebagai referensi, selamat membaca - materi pelajaran online sekolah sd, smp , sma ini, semoga membantu Menghitung laju inflasi merupakan salah satu topik yang penting dalam pembahasan inflasi. Kita sebagai pengguna barang dan jasa, perlu mengetahui bagaimana harga barang tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu. Apakah harga lebih mahal dibandingkan dengan tahun lalu, ataukah sebaliknya, terdapat kecenderungan penurunan harga.

- Laju inflasi adalah tingkat persentase kenaikan dalam beberapa indeks harga dari satu periode ke periode lainnya.

- Deflasi menunjukkan turunnya tingkat harga. Meskipun demikian, deflasi jarang terjadi.

Untuk menghitung besarnya inflasi, terlebih dahulu kita harus mengetahui yang dimaksud dengan Indeks Harga Konsumen (IHK). Indeks Harga Konsumen (IHK) atau Consumer Price Index (CPI) mengukur perubahan harga kelompok barang dan jasa yang sering dipakai dalam sebuah rumah tangga dalam jangka waktu tertentu. Jenis barang dan jasa yang dihitung indeks harganya antara lain dikelompokkan menjadi:

a. Bahan makanan

b. Makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau

c. Perumahan

d. Sandang

e. Kesehatan

f. Pendidikan, rekreasi, dan olahraga

g. Transportasi dan komunikasi



Laju inflasi

Ada tiga cara pengukuran dalam memahami laju inflasi:

• membandingkan rata-rata tahunan,

• membandingkan bulan ini dengan bulan yang sama tahun lalu,

• membandingkan bulan ini dengan bulan yang lalu.

Bila ketiga cara ini menunjukkan hasil yang sama, maka tidak akan menjadi masalah (contoh: ketiga cara menunjukkan bahwa inflasi tahun ini naik dibandingkan dengan tahun lalu). Masalah muncul ketika ada cara yang menunjukkan perbedaan hasil.

Pada dasarnya, ketiga cara pengukuran ini memberikan informasi yang bisa saling melengkapi. Membandingkan rata-rata tahunan adalah cara yang paling kecil kesalahannya, namun cara ini tidak peka terhadap perubahan harga terbaru. Bisa saja ada kenaikan harga besar-besaran yang terjadi atau ada stabilitas yang tidak terekam dengan cara ini karena yang dilihat hanya rata-rata tahunan saja.

Membandingkan angka inflasi bulan ini dengan bulan yang sama tahun lalu bisa lebih peka terhadap peristiwa terbaru. Tetapi perbandingan ini hanya berfokus pada bulan tertentu saja dan mengabaikan bulan lain. Padahal bisa jadi ada perubahan penting pada bulan lalu.

Cara yang paling kecil tingkat kesalahannya adalah dengan membandingkan bulan ini dengan bulan lalu. Cara ini peka terhadap perubahan harga yang terjadi, namun cara ini bisa menyesatkan bila kita ingin mencari tahu kecenderungan inflasi yang terjadi. Hanya karena inflasi bulan ini lebih rendah dibandingkan bulan lalu, belum tentu bulan depan hal yang sama bisa terjadi, bukan?

jangan lupa tambahkan komentar dan berikanlah like atau share pengetahuan anda dan sebarkan apa yang anda baca hari ini, karena barang siapa membantu mendapatkan informasi bagi orang lain , maka dia adalah orang yang berguna , selamat beraktifitas kawan, semoga pelajaran dan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda, barangkali ada informasi yang kurang atau salah, silahkan komenter dan beri masukan.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.