Halloween party ideas 2015

Materi pelajaran sekolah telah diberikan di dalam kelas, sebagai media pembantu untuk meneruskan dan memudahkan pencarian informasi mengenai tugas tugas sekolah dan untuk menambah pengetahuan siswa atau bahkan untuk guru, maka blog ini memuat beberapa materi sekolah yang mungkin akan berkaitan dengan pelajaran anda dan dapat dipakai sebagai referensi, selamat membaca - materi pelajaran online sekolah sd, smp , sma ini, semoga membantu 1. Manajemen Produksi

Manajemen produksi merupakan kegiatan untuk mengatur dan mengkoordinasikan penggunaan sumber-sumber daya berupa sumber daya masnusia, sumber daya alat, dan sumber daya dana serta bahan secara cfektif dan efisien, untuk menciptakan dan menambah kegunaan (utility) suatu barang atau jasa.

Kegiaran-kegiatan manajemen produksi adalah sebagai berikut.

a. Perencanaan dalam produksi

Barang atau jasa yang akan diproduksi harus direncanakan agar disukai konsumen.

b. Organisasi produksi dan personalia produksi

Pengorganisasian merupakan proses menciptakan hubungan-hubungan antara komponen-komponen organisasi dengan tujuan agar kegiatan diarahkan pada pencapaian tujuan organisasi.

c. Pengarahan dan koordinasi

Kegiatan produksi yang efektif belumlah menjamin bahwa pekerjaan dapat dilaksanakan dengan baik. Untuk itu perlu pengarahan dan koordinasi agar produksi sesuai dengan sasaran.

d. Pengawasan terhadap produksi Perencanaan merupakan standar pengawasan. Dengan pengawasan dapat dilihat apakah kegiatan-kegiatan produksi sesuai dengan apa yang direncanakan. Fungsi pengawasan dalam kegiatan produksi meliputi hal-hal berikut ini.

1) Supervisi kegiatan untuk menjamin pelaksanaan produksi berjalan dengan baik.

2) Membandingkan antara hasil kerja dengan yang diinginkan.

3) Koreksi, yaitu berusaha menghilangkan penyimpangan atau kesulitan-kesulitan, baik dalam pekerjaan maupun dalam merubah rencana apabila rencana sulit dilaksanakan.



2. Manajemen Pemasaran

Bidang ini menitikberatkan pada kegiatan bagaimana merebut pasar atau dengan kata lain bagaimana caranya agar barang/jasa yang dihasilkan tetap disenangi dan dibeli oleh konsumen.

Manajemen pemasaran mempunyai arti yang berbeda-beda.

a. Menurut Kotler, pemasaran adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

b. Menurut Stanton, pemasaran mel iputi seluruh sistem yang berhubungan dengan kegiatan untuk merencanakan dan menen rukan harga, hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli, baik yang aktual maupun potensial.

c. Menurut American Marketing Asociation, pemasaan merupakan pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemasaran adalah proses perpindahan barang dan/atau jasa dari produsen ke konsumen, atau semua kegiatan yang berhubungan dengan arus barang dan/atau jasa dari produsen ke konsumen.

Dalam manajemen pemasaran dikenal bauran pemasaran. Bauran pemasaran adalah kegiatan pemasaran terpadu dan saling menunjang satu sama lain. Keberhasilan perusahaan di bidang pemasaran didukung oleh keberhasilan dalam memilih produk yang tepat, harga yang layak, saluran distribusi yang baik, dan promosi yang efektif.

Empat kebijakan pemasaran yang sering disebut konsep Empat P atau bauran pemasaran (marketing mix) tersebut adalah prodttk (product), harga (price), saluran distribusi (place), dan promosi (promotion). Unruk mencapai tujuan pemasaran, keempat unsur tersebut harus saling mendukung, sehingga keberhasilan di bidang pemasaran diharapkan diikuti oleh kepuasan konsumen.



3. Manajemen Keuangan

Bidang ini menitikberatkan pada tanggung jawab atas dana untuk berbagai penggunaan dengan kombinasi jenis-jenis pembiayaan yang terbaik. Manajemen keuangan menyangkut hal-hal berikut.

a. Berapa banyak jumlah dana yang diperlukan.

b. Dari mana sumber dana, dari intern atau ekstern.

c. Kapan dana tersebut akan mulai digunakan.

d. Apabila dana ekstern, berapa tingkat bunga dan berapa lama pengembalian dana tersebut.

Kegiatan manajemen keuangan meliputi hal-hal sebagai berikut.

a. Perencanaan dan peramalan. Manajer harus bekerja sama dengan manajer lainnya untuk bertanggung jawab atas perencanaan umum perusahaan.

b. Mengkoordinasikan berbagai keputusan keuangan dan fungsi-fungsi manajemen. Keputusan-keputusan yang menyangkut investasi dalam hal menentukan sumber dan bentuk dana, apakah berasal dari unsur ekstern perusahaan atau pembiayaan jangka pendek atau jangka panjang.

c. Berintegrasi dengan lingkungan ekstern atau dengan unit lain agar perusahaan dapat beroperasi seefisien mungkin.

d. Pengawasan keuangan membuat catatan dan laporan tentang informasi keuangan perusahaan.

Dengan demikian, manajemen keuangan adalah pengelolaan semua aspek keuangan yang digunakan untuk berbagai penggunaan bisnis dan berhubungan dengan kombinasi jenis-jenis pembiayaan yang terbaik, meliputi kegiatan merencanakan pengumpulan dana serta menggunakan/mengelola dana tersebut untuk memaksimalkan nilai perusahaan.



4. Manajemen Personalia

Bidang ini menitikberatkan pada pengelolaan sumber daya manusia. Oleh karena itu, manajemen personalia disebut juga manajemen sumber daya manusia. Keberhasilan suatu organisasi bukan semata-mata ditentukan oleh sumber daya alam yang melimpah, namun ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang berperan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan organisasi tersebut.

Manajemen personalia mencakup kegiatan sebagai berikut.

a. Penentuan jumlah dan kualifikasi tenaga kerja.

b. Penarikan tenaga kerja.

c. Penempatan tenaga kerja.

d. Pendidikan dan latihan tenaga kerja.

e. Pemberian kontra prestasi yang sesuai.

f. Penilaian tenaga kerja.

g. Pemberhentian tenaga kerja.



5. Manajemen Perkantoran

Bidang ini menitikberatkan pada cara mengatur atau mengelola kantor agar tercipta kelancaran kegiatan administrasi.

Manajemen perkantoran berhubungan dengan planning, organizing, actuating, dan controlling pekerjaan kantor (office work). Setiap manajer harus berhubungan dengan manajer perkantoran sebab dibutuhkan dokumen-dokumen/surat-surat untuk semua aktivitas yang dilaksanakan.

Planning dalam bidang manajemen perkantoran mencakup hal-hal sebagai berikut.

a. Pertimbangan mengenai jenis-jenis keterangan yang akan dicatat.

b. Format yang akan digunakan.

c. Pihak yang menerima keterangan.

d. Alat untuk mengumpulkan data untuk mengerjakannya.

e. Mesin-mesin dan alat-alat kantor yang akan digunakan.

f. Prosedur-prosedur yang akan diikuti.

g. Penggunaan ruangan kantor secara efisien.

jangan lupa tambahkan komentar dan berikanlah like atau share pengetahuan anda dan sebarkan apa yang anda baca hari ini, karena barang siapa membantu mendapatkan informasi bagi orang lain , maka dia adalah orang yang berguna , selamat beraktifitas kawan, semoga pelajaran dan artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda, barangkali ada informasi yang kurang atau salah, silahkan komenter dan beri masukan.

Post a Comment

This blog needed you to understand the word spam - never spam on this blog, although i will not moderate all of it, but you will learn it yourself, educate yourself

Powered by Blogger.